Siap Gedor Pasar SUV Global, Kia Sonet Punya Fitur Penangkal Virus

Siap Gedor Pasar SUV Global, Kia Sonet Punya Fitur Penangkal Virus
Kia Sonet yang disebut sebagai urban compact SUV diluncurkan di India, 7 Agustus 2020 - dok.Istimewa

New Delhi, Motoris – Setelah konsepnya diperkenalkan di hajatan Auto Expo 2020, Februari lalu, Jumat (7/8/2020) SUV kompak Kia Sonet resmi diluncurkan di India untuk pasar global. Sejumlah fitur baru disematkan di SUV ini, mulai dari transmisi manual cerdas (Intelligent Manual Transmission/iMT) hingga teknologi Smart Pure Air Purifier dengan proteksi (anti virus) di kabin.

Seperti dilaporkan laman The Hindustan Times, India Today, dan Times of India, Jumat (7/8/2020), peranti hiburan di SUV ini dilengkapi layar berukuran 10,25 inci. Layar ini merupakan yang terbesar di antara SUV sekelas yang ada saat ini.

Layar sentuh itu juga memiliki fungsi yang terkoneksi dengan smartphone, navigasi, dan sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem audionya dilengkapi sound system Bose 7-speaker dengan sound mood light.

Sementara, untuk kenyamanan dan kebugaran pengemudi maupun penumpang selama berada di kabin saat perjalanan, Kia Motors melengkapi Sonet dengan fitur Smart Pure Air Purifier yang dilengkapi sistem perlindungan atau anti virus. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah iMT.

Head of Product Management Kia, Lawrenz Globb, mengklaim kehadiran transmisi iMT 6 tingkat percepatan itu menjadikan Kia Sonet sebagai kendaraan yang sempurna untuk pengguna zaman sekarang. Dengan transmisi ini pengemudi dapat melakukan perpindahan gigi tanpa kopling, cukup dengan tuas perpindahan manual.

Peluncuran Kia Sonet di India – dok.Kia Motors

Kenyamanan berkendara juga disokong oleh keberadaan electric sunroof. Sehingga, menghilangkan kepenatan dan kejenuhan dalam perjalanan.

Sebagai pelengkap dari kenyamanan selama perjalanan, Sonet juga dilengkapi pengisian daya baterai atau pengecasan baterai gadget tanpa kabel.

Suv ini telah menggunakan instumen cluster 4,2 inci yang menyuguhkan beragam informasi terkait dengan kendaraan, Mulai dari tingkat kecepatan laju mobilm kondisi bahan bakar, kondisi baterai, dan lain-lain.

Kia Motors menawarkan tiga varian mesin, yakni mesin 1,2 liter bensin dan 1.0 liter turbo (T-GDI) bensin, dan 1,5 liter diesel. Varian mesin pertama dilengkapi transmisi manual 5 tingkat percepatan, dan varian kedua menggunakan transmisi otomatis 7 tingkat percepatan dual clutch (DCT), atau pilihan transmisi manual 6 tngkat percepatan intelligent manual transmission (iMT).

Sedangkan varian ketiga atau 1,5 liter diesel dibekali transmisi manual 6 tingkat percepatan, dengan pilihan transmisi otomatis. Semua varian menggunakan kampu utama LED yang diimbuhi Daytime Running Light (DRL), lampu kabut LED Projector, dan lampu belakang LED.

Grill bergaya desian Tiger Nose menjadikan tampilannya lebih manis. Kaki-kakinya menggunakan pelek alloy berukura 16 inci dual tone. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This