Penjualan MINI di RI, Enam Bulan Pertama Ambles 21,8%

Penjualan MINI di RI, Enam Bulan Pertama Ambles 21,8%
Ilustrasi, MINI Clubman versi baru diluncurkan di Indonesia 14 Februari 2020 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil besutan merek kondang asal Inggris – yang kini berada di bawah payung Bayerische Motoren Werke (BMW) – MINI, sepanjang tahun 2019 lalu diklaim meningkat 34,6% dengan total 700 unit. Namun, di enam bulan pertama 2020 ini – di tengah hempasan dampak wabah virus corona – penjualan merek itu ambles 21,8%.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Juni lalu, total penjualan MINI ke konsumen (ritel) hanya sebanyak 215 unit. Jumlah itu dibukukan dari penjualan sepanjang januari yang sebanyak 40 unit, Februari 55 unit, Maret 50 unit, April 20 unit, Mei 20 unit, dan Juni 30 unit.

Total penjualan tersebut berkurang 60 unit alias ambles 21,8% dibanding enam bulan pertama tahun 2019 yang masih sebanyak 275 unit. Penjualan MINI di sepanjang tahun 2019, terbanyak dibukukan oleh MINI Cooper Countryman dan MINI Cooper 3-Door.

Menurut Direktur Komunikasi BMW Grup Indonesia, Jodie O’tania, dua varian itu dirakit di Indonesia. “Karena keduanya sudah dirakit secara lokal, jadi yang pasti kami akan terus hadirkan penawaran lebih menarik bagi pelanggan di Indonesia,” ungkap dia di sela peluncuran dua varian MINI JCW Clubman dan JCW Countryman, di Jakarta, Jumat (15/2/2020).

Ilustrasi, MINI JCW GP – dok.Autocar

Sementara di pasar global, seperti dilaporkan laman Inside EV yang mengutip laporan kinerja BMW Group belum lama ini, penjualan MINI sepanjang Januari – Juni tahun ini sebanyak 118.862 unit. Jumlah tersebut ambrol 31,1% dibanding periode sama tahun 2019.

Anjloknya penjualan yang signifikan terjadi di kuartal kedua atau di rentang April hingga Juni. Selama tiga bulan tersebut penjualan MINI sebanyak 54.597 unit atau ambrol 38.2% dibanding kuartal kedua tahun 2019. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This