MG HS, SUV Blasteran Inggris – Cina Tantang Mazda CX-5 Cs di Indonesia

MG HS, SUV Blasteran Inggris – Cina Tantang Mazda CX-5 Cs di Indonesia
MG HS, SUV medium Morris Garage MG) Motor, merek asal Inggris yang telah dibeli SAIC Motors, diluncurkan di Indonesia - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Morris Garage (MG) Motor Indonesia dua hari lagi atau tanggal 13 Agustus resmi meluncurkan model SUV kedua di pasar Indonesia, MG HS. Mobil sport serbaguna segmen medium ini dijanjikan bakal memiliki harga yang menarik untuk bertarung dengan Mazda CX-5, Honda CR-V, Hyundai Tucson, hingga Wuling Almaz.

Meski tak menyebut angka persisnya, Marketing & Public Relation Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, menyebut harga SUV itu sangat kompetitif. “(Harga) Tunggu tanggal mainnya, mungkin detil harga tidak akan kita sebutkan (sekarang) tapi kita akan meyakinkan, bahwa strategi positioning harga kita sangat agresif (menantang pesaing, dengan besaran yang kompetitif,” ungkap dia saat ditemui di sela acara preview MG HS di kawasan BSD City, Tengerang, Selasa (11/8/2020).

Sales Director MG Motor Indonesia, Rendi Radito menyebut tak hanya harga saja yang bakal “agresif” alias kompetitif, tetapi juga biaya perawatan dan kepemilikannya. “Apalagi, sesuai dengan komitmen kami, kami berikan jaminan hingga lima tahun untuk mobil ini,” kata dia di tempat yang sama.

Interior bagian depan MG HS dengan layar peranti hiburan terbesar di kelasnya – dok.Motoris

Sementara kabar yang beredar menyebut, SUV ini bakal dibanderol paling mahal Rp 400 jutaan. “Informasinya, di kisaran itu. Tetapi lebih pastinya nanti pas peluncuran, Kamis 13 Agustus lusa,” ucap sumber di agen pemegang merek tersebut.

MG HS yang merupakan SUV C-Segment itu memiliki dimensi panjang 4.574 milimeter (mm), lebar 1.876 mm, tinggi 1.664, serta wheelbase 2.720 mm. Dia dibekali mesin 1,5 liter DOHC 16 Valve, empat silinder. Semburan tenaganya diklaim mencapai 162 PS pada 5.600 rpm dengan torsi 250 Nm pada 4.400 rpm, yang disalurkan ke roda oleh transmisi otomatis twin-clutch 7 tingkat percepatan atau opsi lain transmisi manual enam tingkat percepatan.

Arief Syarifudin menambahkan, setelah Maret lalu meluncurkan SUV MG ZS, kini kembali meluncurkan SUV – yakni MG HS – karena melihat tren pasar SUV di Indonesia yang terus berkembang.

Tampilan belakang SUV MG HS – dok.Motoris

“Pasar SUV itu, memang mengalami hal positif. Jadi, karena itu maka MG Motor Indonesia sudah pasti melihat potensi market. Bicara mengenai growth (pertumbuhan) yang tinggi itu kita keluarkan (luncurkan) sesuatu yang market acceptance (yang diterima oleh pasar, yaitu SUV),” imbuhnya.

Disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia
Soal perbedaan antara MG HS yang dijual di Eropa, Australia, Thailand, dan di Cina, dengan yang dipasarkan di Tanah Air, Arief secara tersirat mengaku memang ada. Meski secara prinsip performa, handling, hingga kenyamanan tak ada perbedaan.

Bagasi MG HS – dok.Motoris

Begitu pula dengan beberapa fitur standar seperti electric panoramic sunroof, perangkat hiburan dengan layar 10 inci yang sudah didukung Apple Carplay dan Android Auto. “Perbedaan dari global mungkin ada beberapa hal yang disesuaikan dengan kebutuhan market Indonesia,” ucap dia.

Sekadar catatan, MG Motor yang lahir di Inggris ada tahun 1924, sejak tahun 2007 berada di bawah bendera kelompok usaha SAIC Motor Corporation Limited. SAIC merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Negeri Tirai Bambu.

Sebelumnya, dalam kata sanbutan Arief menyebut reputasi yang telah dibangun MG selama hampir seratus tahun (sejak tahun 1924) membuat MG Motor Indonesia yakin produk yang dihadirkannya ke Tanah Air mampu meredefinisikan ekspektasi para pecinta otomotif di Indonesia. “Pusat desain dan rekayasa permesinan yang berlokasi di Longbridge, Birmingham, Inggris memastikan konsistensi kualitas yang sama di mana pun MG dipasarkan,” tandas dia.(Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This