Januari – Juli Terlaris di Kelasnya, BMW Seri 7 Tenggelamkan Mercy S-Class

Januari – Juli Terlaris di Kelasnya, BMW Seri 7 Tenggelamkan Mercy S-Class
BMW Seri 7 versi ternaru - dok.The Car Connection

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juli kemarin BMW Group Indonesia berhasil mengantongi penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 1.034 unit. Fakta yang menarik dari penjualan di tujuh bulan pertama itu adalah, large sedan atau full size sedan BMW Seri 7 menjadi yang terlaris di kelasnya jauh mengungguli Mercedes-Benz S – Class.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di rentang waktu tersebut BMW Seri 7 membukukan penjualan sebanyak 54 unit. Sedangkan jumlah penjualan yang berhasil dikantongi Merceds-Benz S-Class sebanyak 33 unit.

“Iya, sepanjang Januari – Juli ini, dari data Gaikindo, BMW 7 Series menjadi yang terlaris di kelasnya dengan market share 63%, membukukan penjualan 54 unit. Strategi kami, terus berinovasi, karena ini menjadi salah satu ciri BMW di Indonesia. Tentunya selain produk, paket penjualan juga membuat BMW Seri 7 menjadi lebih kompetitif,” papar Vice President of Sales BMW Group Indonesia, Bayu Riyanto, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Inovasi yang dimaksud Bayu adalah penyodoran versi facelift dengan ubahan yang sesuai dengan harapan maupun keinginan pelanggan. Menurut dia, fakta yang terekam selama ini menunjukkan peminat BMW Seri 7 merupakan kalangan usia dewasa namun memiliki jiwa muda.

Interior BMW Seri 7 model 2021 – dok.CarBuzz

“Dan ternyata, desain yang ditawarkan pas dengan keinginan dan profil para pengguna. Karena ada kalanya orang-orang (pengguna large sedan) ingin tampil lebih sporty,” kata dia.

Namun, secara keseluruhan dari total penjualan BMW di kurun waktu Januari – Juli masih didominasi SUV BMW X1 yang berada di urutan pertama terlaris. Sedangkan BMW Seri 3 menjadi terlaris kedua.

Meski begitu Bayu tak memungkiri penjualan ritel kumulatif sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini menyusut 20 – 25% dibanding penjualan periode sama tahun lalu. Kuruhnya penjualan, sebut dia, tak lepas dari dampak wabah virus corona (Covid-19) yang mendera negeri ini.

BMW X1 masih tercatat sebagai model terlaris BMW di Indonesia di sepanjang Januari – Juli 2020 – dok.Motoris

Sekadar informasi, sepanjang enam bulan pertama atau Januari – Juni penjualan ritel BMW (tidak termasuk MINI) di Indonesia masih di bawah total ritel Mercedes-Benz. Data yang dikompilasi Gaikindo menunjukkan, di rentang waktu itu Mercedes-Benz berhasil mengantongi jumlah penjualan sebanyak 833 unit, dan BMW sebanyak 831 unit.

Setelah itu, Lexus bertengger di urutan ketiga dengan penjualan sebanyak 423 unit, Volkswagen 313 unit. Adapun MINI berada di urutan berikutnya 215 unit, Peugeot 129 unit, dan Audi 21 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This