Corona Masih Mewabah, Pasar Mobil Murah hingga Juli Tetap Meriah

Corona Masih Mewabah, Pasar Mobil Murah hingga Juli Tetap Meriah
All New Brio Satya, hatchback LCGC Honda - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski total penjualan mobil di Indonesia hingga Juli masih jauh di bawah rata-rata penjualan tahun-tahun sebelumnya, deraan wabah virus corona (Covid-19), namun porsi pasar mobil murah ramah lingkungan (LCGC) masih meriah. Pangsa pasar mobil kelas itu masih di kisaran 20% – 21% atau belum berubah dari tahun-tahun lalu.

Seperti diungkap Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto, di rentang Januari hingga Juli kemarin, total penjualan mobil ke konsumen (ritel) tercatat sekitar 326.000-an unit. Dari jumlah tersebut sekitar 68.500-an di antaranya merupakan LCGC.

“Masih sekitar 20 – 21% itu LCGC. Karena memang kalau dilihat profil konsumen potensial di Indonesia yang terbesar di segmen pasar mobil Rp 200 juta ke bawah. Mengapa? Ya karena transisi dari kendaraan roda dua ke mobil itu yang terbanyak. Kedua, sekarang orang antisipasi Covid-19 (mengantisipasi potensi paparan virus) lebih memilih penggunaan kendaraan pribadi daripada angkutan umum. Jadi orang beli untuk keperluan alternatif, karena ada ketentuan (pelat nomor) ganjil-genap di Jakarta,” papar dia saat dihubungi di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Tampilan belakang New Astra Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe – dok.ADM

Masih mencorongnya segmen pasar LCGC juga diakui oleh Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy. Dia menyebut dari total penjualan ritel sepanjang Juli yang sebanyak 4.036 unit, 42%-nya atau 1.697 unit di antaranya merupakan LCGC Honda Brio Satya. Bahkan, penjualan mobil murah Honda ini meningkat 102% dibanding bulan sebelumnya.

“Kontribusi dari pembeli pertama di segmen LCGC dan mobil keluarga menjadi faktor penting terhadap peningkatan penjualan tersebut,” kata Billy dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (11/8/2020).

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (11/8/2020) mengatakan, LCGC tujuh penumpang Daihatsu Sigra masih mendominasi penjualan ritel mobil Daihatsu. “Penjualan Daihatsu Sigra 16.631 unit, yang berkontribusi 28,0% dari total penjualan,” kata dia.

LCGC Toyota Calya – dok.Motoris

Adapun PT Toyota Astra Motor juga mencatatkan moncernya penjualan Calya – LCGC kembaran Daihatsu Sigra – yang naik dari Juni ke Juli. Jika di bulan Juni masih sebanyak 1.696 unit, pada bulan Juli penjualan ritel sudah mencapai 1.800 unit.

“Tren LCGC masih naik, karena memang first buyer (orang yang baru pertama membeli mobil), dan additional karena kebutuhan (untuk antisipasi Covid-19 dan mungkin menyiasati kebijakan ganjil-genap). Market share sampai (kumulatif hingga) Juli masih di 21%-an,” ujar dia. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This