Hyundai: Kona Listrik Sanggup Jalan 1.026 Km Sekali Cas Baterai

Hyundai: Kona Listrik Sanggup Jalan 1.026 Km Sekali Cas Baterai
Hyundai Kona listrik - dok.Istimewa

Brandenburg, Motoris – Pabrikan mobil asal Korea Selatan – Hyundai Motor Company – Jumat (14/8/2020) menyatakan hasil pengujian perjalanan yang digelar 22 – 24 Juli lalu, Hyundai Kona listrik mampu berjalan sejauh 1.026 kilometer (km) meski hanya sekali cas baterai. Pengujian dilakukan selama 35 jam dengan kecepatan rata-rata 30 kilometer per jam (kpj).

Seperti dilaporkan Yonhap News, Jumat (14/8/2020), pengujian dilakukan di tes di EuroSpeedway Lausitz, sebuah sitkui yang dekat dengan arena pacuan kuda di wilayah utara Brandenburg, Jerman. Ada tiga unit mobil Kona listrik yang dites. Dua model lainnya diklaim mampu menempuh jarak hingga 1.024,1 km dan 1.018,7 km.

Pengemudi bergiliran mengendarai mobil yang dites hingga daya baterai – yang berkapasitas 64 kilowatt-jam (kWh) – itu habis. ”Mereka, mengemudikan mobil tanpa menyalakan AC dan perangkat sistem infotainment, meskipun suhu panas,” bunyi pernyataan Hyundai.

Dalam proses pengujian ini Hyundai bekerjasama dengan media otomotif Auto Bild dan dipantau secara independen oleh Dekra, yakni lembaga yang mengoperasikan lintasan balap Lausitz. “Biasanya, dalam sekali isi daya baterai Kona listrik dapat menempuh jarak 400 kilometer untuk perjalanan di lalu-lintas perkotaan,” sebut Hyundai.

Selebrasi pencapaian jarak terjauh yang berhasil ditempuh Hyundai Kona listrik dalam sekali cas baterai di EuroSpeedway Lausitz, Jerman, pada 24 Juli lalu – dok.Istimewa via Yonhap

Pabrikan mengatakan, di Eropa Kona – termasuk varian listrik – merupakan model yang cukup laris. Sepanjang Januari – Juli kemarin, Hyundai Kona listrik terjual sebanyak 16.511 unit. Jumlah itu setara dengan 8,1% dari total penjualan seluruh mobil Hyundai yang sebanyak 204.737 unit.

Hyundai memproduksi mobil listrik Kona di pabriknya yang berada di Republik Ceko sejak Maret lalu. Produksi di wilayah ini dimaksudkan agar suplai atas permintaan cepat dipenuhi, karena permintaan mobil listrik di benua Eropa terus meningkat. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This