Honda Patenkan Rancangan Motor Sport Listrik Berbasis CBR125R

Honda Patenkan Rancangan Motor Sport Listrik Berbasis CBR125R
Gambar sepeda motor listrik dengan basis Honda CBR125R yang dipatenkan Honda - dok.Visordown

London, Motoris – Pabrikan sepeda motor asal Jepang – Honda Motor – di Eropa baru-baru ini mengungkap gambar calon sepeda motor listrik yang dipatenkan. Sosok tersebut berupa neo sport café listrik yang menggunakan basis Honda CBR125R.

Seperti dilaporkan laman Visordown, Kamis (13/8/2020), motor listrik (plus baterai) yang diusung motor anyar tersebut terlihat berukuran kecil, sehingga diperkirakan juga berbobot ringan. Dimensi ukuran jatung pacu tersebut diduga dimaksudkan agar tak mengubah bagian-bagian dari Honda CBR125R yang digunakan mulai dari rangka, suspensi, hingga lainnya.

Meski, tata letak motor berikut baterai motor itu akan menyebabkan sedikit penyesuaian di bagian rangka. Bahkan, jika diperhatikan pada gambar paten itu, 75% konstruksi yang ada merupakan konstruksi siap produksi, seperti yang dimiliki Honda CBR125R saat ini.

Gambar sstem kerja motor listrik di motor berbasis Honda CBR125R yang dipatenkan Honda – dok.Visordown

Hal itu bisa diartikan, akan memberikan keuntungan biaya produksi yang bisa dihemat dibanding jika Honda harus membuat rancangan konstruksi yang semuanya baru. Walhasil, harga motor nantinya bakal lebih bersaing.

“Mengingat Honda juga telah melakukan pekerjaan ekstensif yang menghasilkan drivetrain listrik yang serupa yang saat ini digunakan skuter (Honda) PCX bertenaga listrik (sehingga bisa digunakan di motor listrik berbasis Honda CBR125R itu), (oleh karena itu, motor) ini bisa menjadi salah satu opsi kendaraan listrik paling hemat biaya untuk transportasi perkotaan yang bertampilan keren,” tulis laman tersebut.

Hanya, hingga kini belum ada informasi yang pasti terkait komponen kelistrikan yang digunakan di gambar paten ini. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This