FAW Kuasai Pasar Truk Cina Sepanjang Januari – Juli, di RI Terjual Segini

FAW Kuasai Pasar Truk Cina Sepanjang Januari – Juli, di RI Terjual Segini
Ilustrasi, truk FAW yang dijajakan di pasar Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Truk buatan pabrikan asal Changcun, First Automobile Work (FAW) – yang merupakan bagian dari FAW Group Corporation – sepanjang Januari – Juli kemarin merajai penjualan kendaraan komersial jenis truk di Cina. Dari total penjualan sebanyak 264.900 unit truk di Negeri Tirai Bambu itu, 264.900 unit di antaranya merupakan truk FAW.

Data yang dikompilasi Asosiasi Produsen Kendaraan Komersial Cina yang dilansir China Trucks belum lama ini menunjukkan, total penjualan truk FAW sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini, naik 31% dibanding periode sama tahun lalu. Sebab di rentang Januari – Juli 2019 itu, total penjualan truk merek ini baru sebanyak 732.189 unit.

Dengan mengoleksi penjualan sebanyak itu, sepanjang Januari – Juli tahun 2020 ini, FAW menempati urutan pertama di pasar truk Cina. Begitu pun di sepanjang bulan Juli saja.

FAW Jiefang J7, salah satu varian truk FAW yang dijual di pasar domestik Cina dan global – dok.Istimewa via WAUTOM

Fakta berbicara, sepanjang bulan ketujuh tahun ini, total penjualannya 35.300 unit, atau setara dengan 27,6% dari total penjualan truk dari semua merek yang sebanyak 144.000 unit. Penjualan pada bulan itu meroket 92% dibanding penjualan selama bulan Juni yang sebanyak 18.421 unit.

Truk-truk buatan FAW juga dijajakan di Indonesia oleh PT Gaya Makmur Mobil. Lantas bagaimana dengan penjualannya?
Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di sepanjang Januari – Juli, penjualan truk FAW di Tanah Air tercatat sebanyak 147 unit. Sedangkan di bulan Juli saja, truk merek tersebut terjual 12 unit.

Iustrasi, truk FAW yang dijual di Indonesia – dok.Motoris

Total penjualan sepanjang tujuh bulan pertama itu dibukukan dari penjualan selama bulan Januari yang sebanyak 18 unit, Februari 48 unit, Maret 44 unit, dan April 17 unit. Kemudian dari penjualan sepanjang bulan Mei yang sebanyak 3 unit, Juni 5 unit, dan Juli 12 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This