Versi Baru Disebut Segera Hadir di RI, Fortuner Lawas Masih Laku Keras

Versi Baru Disebut Segera Hadir di RI, Fortuner Lawas Masih Laku Keras
Ilustrasi, Toyota Fortuner facelift atau versi baru yang meluncur di Thailand 4 Juni lalu - dok.Toyota Global

Jakarta, Motoris – Toyota Motor di Thailand pada 4 Juni lalu meluncurkan versi terbarau pikap medium Toyota Hilux dan SUV Toyota Fortuner secara bersamaan. Sementara, di Indonesia, Toyota Hilux diluncurkan pada 27 Agustus kemarin.

Kehadiran Hilux versi paling anyar itu kemudian memunculkan pertanyaan kapan Toyota Fortuner versi terbaru meluncur ke Tanah Air? Maklum, seperti yang sudah-sudah pola peluncuran dua varian mobil Toyota itu di Indonesia, nyaris beriringan alias meluncur dalam waktu yang tak berjauhan.

Menanggapi pertanyaan seperti itu, Director Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy yang dihubungi belum lama ini, tak bersedia memastikannya. Meski, dia memberikan sinyal kemungkinan Fortuner paling gres itu untuk hadir di Tanah Air juga sangat besar.

“Untuk peluncuran model baru, saya tidak bisa memberikan komentar. Tapi, prinsipnya, meskipun di tengah kondisi Covid, development, launcing, dan studi produk baru tetap berjalan. Termasuk Fortuner dan model-model baru lainnya,” kata dia.

Ilustrasi, tipe tertinggi Toyota Fortuner versi terbaru – dok.Toyota

Tetapi, yang pasti, rekam jejak penjualan Toyota Fortuner di Indonesia hingga Agustus tahun ini, masih mencatatkan kinerja yang cukup mencorong. Bahkan, memimpin di segmen pasar SUV ladder frame.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang delapan bulan pertama tahun ini, total penjualan Fortuner ke konsumen (ritel) sebanyak 7.400 unit. Jumlah ini terdiri dari penjualan Toyota Fortuner 4×4 sebanyak 240 unit, dan Toyota Fortuner 4×2 sebanyak 7.160 unit.

Total penjualan ritel Fortuner 4×4 tersebut berasal dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 28 unit, Februari 72 unit, Maret 45 unit, dan April 31 unit. Kemudian dari Mei sebanyak 12 unit, Juni 23 unit, Juli 16 unit, dan dari penjualan selama Agustus sebanyak 13 unit.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo di Indonesia – dok.Motoris

Adapun penjulan ritel varian 4×2 berasal dari penjualan selama Januari yang sebanyak 1.326 unit, Februari 1.554 unit, Maret 1.130 unit, dan April 400 unit. Selain itu dari penjualan selama Mei yang sebanyak 465 unit, Juni 719 unit, Juli 778 unit, dan Agustus sebanyak 788 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This