Dahsyat, Semburan Tenaga Ford Mustang Cobra Jet Tembus 1.502 HP

Dahsyat, Semburan Tenaga Ford Mustang Cobra Jet Tembus 1.502 HP
Prototipe Ford Mustang Cobra Jet 1400 saat diperkenalkan pada tahun 2019 lalu - dok.Istimewa via Carscoops

Michigan, Motoris – Setelah meluncurkan prototipenya di awal tahun ini, sekarang Ford Motor Company melakukan uji performa dari Ford Mustang Cobra Jet 1400. Hasilnya, sungguh luar biasa, karena semburan tenaga yang semula diprediksi 1400 hp, ternyata mencapai 1.502 hp.

Bahkan, seperti dilaporkan laman Cascoops, Kamis (3/9/2020), Ford mencatat semuran tenaga Mustang Cobra Jet itu setara dengan gabungan tenaga tiga Ford Mustang GT. Meski, juga bisa dimaklumi karena mobil ini dibekali empat motor listrik.

“Meski, angka itu (semburan tenaga yang dihasilkan) semestinya tidak terlalu mengejutkan, karena prototipe ini dilengkapi dengan empat motor listrik yang masing-masing menghasilkan tenaga hingga 469 hp,” tulis media itu.

Dengan modal semburan tenaga sebesar ini, Ford Mustang Cobra Jet mampu mecapai jarak 400 meter dalam waktu 8,27 detik dengan kecepatan 270 kilometer per jam. Memang mengesankan, namun menjadi pertanyaan jika dibanding dengan merek lain.

Proses pengujian prototipe Ford Mustang Cobra Jet 1400 – dok.Istimewa via Carscoops

Pasalnya, Dodge sempat menyebut Challenger Mopar Drag Pak 2021 sebagai mobil balap siap pakai dalam waktu tujuh detik. Klaim itu menunjukkan bahwa mobil ini lebih cepat daripada Mustang Ford Cobra Jet.

Tetapi, yang pasti, melengkapi drag racer dengan empat motor listrik bukanlah pekerjaan yang sederhana. Khususnya untuk membuat algoritme kontrol dan strategi penyetelan sasisnya.

Namun, Ford Mustang Cobra Jet ini masih berupa prototipe yang terus dalam proses penyempurnaan. “Kami baru saja menggali permukaan dari apa yang mungkin dapat kami capai dengan semburan tenaga dari motor listrik sebesar ini, untuk pengaturan balap drag,” ungkap Ford Performance Motorsports Director, Mark Rushbrook.

Jantung pacu Ford Mustang Cobra Jet 1400 – dok.Istimewa via Carscoops

Ford juga mengonfirmasi bahwa Cobra Jet listrik akan ditampilkan di Amerika Serikat pada akhir pekan ini. Prototipe ini akan dipublikasikan dan diujicobakan oleh pengemudi National Hot Rod Association ( NHRA ) – badan pengatur balap drag Amerika Serikat -Bob Tasca III.

Rushbrook mengatakan kehadiran Mustang Cobra Jet dan mobil listrik lainnya yakni Match-E 1400 telah membuka wawasan dan fakta baru tentang dahsyatnya mobil bersumber tenaga dari setrum.

“Peluang untuk belajar dengan Mustang Cobra Jet 1400, serta Mustang Mach-E 1400 – yang baru-baru ini kami perkenalkan – memberi kami wawasan yang luar biasa tentang apa saja terkait dengan performa tinggi kendaraan all-electric untuk Ford ke depan,” tandas dia.

Prototipe Ford Mustanf Cobra Jet 1400 – dok.Istimewa via Carscoops

Bahkan Rushbrook menegaskan perusahaannya akan terus bekerja sama dengan NHRA untuk melihat bagaimana elektrifikasi dapat diintegrasikan ke dalam balap drag. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This