Citroen Ami, Mobil Listrik Rp 100 Jutaan Buat Generasi TikTok

Citroen Ami, Mobil Listrik Rp 100  Jutaan Buat Generasi TikTok
Citroen Ami, mobil listrik yang ditujukan untuk generasi tik-tok atau mereka yang berusia 14 tahunan, tetapi juga nyaman digunakan oleh orang dewasa - dok.Istimewa via The Green Cars Report

Prancis, Motoris – Pabrikan mobil asal Rueil-Malmaison, Prancis – Peugeot – membuat terobosan anyar dengan menggarap segmen pasar yang belum dirambah pabrikan lain, yakni segmen pasar usia muda 14 tahun alias generasi TikTok. Pabrikan menyodor mobil listrik berdaya 6 kilowatt dengan banderol 6.000 euro atau seitar Rp 106,5 jutaan (kurs 1 euro = Rp 17.764).

Seperti dilaporkan laman The Green Cars Report dan Reuters, Jumat (11/9/2020), mobil yang dinamai Citroen Ami itu mampu melaju hingga 45 kilometer per jam. Dan di Negeri Anggur, mobil dengan laju secepat itu boleh dikemudikan oleh merek yang berusia 14 tahun.

Segmen ini cukup menjanjikan, mengingat banyak remaja yang mengendarai mobil konvensional dengan kapasitas mesin yang seharusnya tak diizinkan bagi mereka. Selain itu, Citroen beralasan, demi memberi edukasi kepada kalangan muda untuk mengarah ke sarana mobilitas yang ramah lingkungan.

Interior Citroen Ami, hanya menyediakan dua kursi – dok. Istimewa via Autocar

Untuk memasarkannya, Citroen menggandeng sebuah jaringan toko elektronik. Toko tersebut selama ini juga menjual gadget dan video game. Dua produk yang menjadi “mainan populer” kalangan usia muda.

Ternyata strategi ini cukup tokcer. Buktinya, tak lama setelah mobil itu diperkenalkan, telah terpesan 1.000 unit di Prancis.
“Memang, pada saat datang pertama ke toko adalah kalangan remaja yang ditemani ayah mereka. Dia (ayah remaja itu) mengatakan mencari alternatif yang lebih aman dari skuter listrik atau moped yang merupakan sarana transportasi umum kalangan muda Prancis,” ungkap Head of Products jaringan tokok elektronik yang menjual Citroen Ami, Olivier Garcia.

Mobil listrik Citroen Ami kecepatan maksimalnya hanya 45 kilometer per jam – dok.Istimewa via AutoExpress

Terlebih, mobil itu juga bisa dikendarai orang tua jika mereka menginginkannya. Khususnya untuk perjalanan di dalam kota. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This