Geely Tawar Daimler Rp 60,8 T, Tapi Ditolak

Geely Tawar Daimler Rp 60,8 T, Tapi Ditolak

Beijing, Motoris – Sepertinya duit Zhejiang Geely Holding Group enggak pernah habis. Setelah mengabarkan membeli start-up, mobil terbang di Amerika Serikat, sekarang raksasa otomotif China itu melayangkan tawaran buat Daimler AG, pemilik Mercedes-Benz, di Jerman.

Dilansir Autonews (30/11/2017), Geely punya keinginan punya akses terhadap teknologi baterai untuk mobil listrik milik Daimler. Bekal ini nantinya bakal jadi modal untuk menciptakan perusahaan gabungan di Wuhan, China, memproduksi mobil listrik.

Geely yang saat ini sudah punya Volvo, masih berharap bisa memperoleh kesepakatan dari Daimler atas tawarannya. Kedua pihak perusahaan, berjumpa di Beijing, beberapa pekan lalu. Geely menawar untuk membeli 3-5% saham perusahaan Daimler, senilai US$4,5 miliar atau Rp 60,8 triliun, berdasarkan harga per lembar saham saat ini.

Juru bicara Geely enggan membuka mulut. Sedangkan pihak Daimler seolah mengelak dengan mengatakan, kalau perusahaan sudah sangat senang dengan kondisi struktur pemegang saham sekarang. Tetapi juga mengatakan, tetap membuka investor baru untuk kepentingan jangka panjang perusahaan.

Baca juga: Produsen China Mau Punya Mobil Terbang

Daimler sendiri sudah punya hubungan baik dengan BAIC Motor, perusahaan otomotif China. Bulan ini saja, kedua perusahaan mengumumkan investasi US$ 757 juta (Rp 10,2 triliun), untuk memproduksi baterai dan produksi mobil listrik di China. Daimler juga punya kongsi dengan BYD, perusahaan otomotif China lain, milik taipan Warren Buffett.

Sebelumnya, Mercedes-Benz juga sudah melakukan diskusi serupa, untuk tambahan investasi dari BAIC. Tapi, Daimler terus konsisten menolak isu ini beredar, terutama menyangkut kestabilan pemegang sahaam yang ada saat ini. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This