Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Desain Tampilan Jauh Lebih Keren

Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Desain Tampilan Jauh Lebih Keren
Hyundai Tucson versi terbaru atau model 2021 resmi diluncurkan - dok.Istimewa via Hyundai Global

Seoul, Motoris – Hyundai Motor Company (Hyundai) Selasa (15/9/2020) resmi meluncurkan SUV Hyundai Tucson generasi keempat atau All New Hyundai Tucson. Model global ini ditawarkan dalam dua varian yakni wheelbase panjang dan wheelbase pendek dengan sumber tenaga mesin konvesional dan hybrid yakni paduan antara mesin bensin 1.6 liter dengan motor listrik.

Pernyataan Hyundai yang dilansir situs resmi pabrikan dan Times of India, Selasa (15/9/2020) menyebut, untuk pasar lokal Korea Selatan penjualan dimulai pada September ini. Sedangkan untuk Amerika Serikat dan Eropa mulai semester pertama tahun 2021 nanti.

“Mobil ini menyajikan tolok ukur baru inovasi di segmennya. Dia menghadirkan perpaduan desain, teknologi, pengemasan, serta performa yang mengesankan,” papar Executive Vice President & Product Division Head Hyundai, Thomas Schemera.

Interior bagian depan Hyundai Tucson versi terbaru – dok.Istimewa via Hyundai Global

Varian bermesin konvensional 2.5 liter dengan semburan tenaga sekitar 190 PS dengan torsi 182 lb.ft. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis 8 kecepatan untuk efisiensi dan akselerasi yang sangat baik. Varian mesin konvensional ini, juga ada versi bermesin diesel 2.0 liter yang bertenaga 186 PS yang disalurkan transmisi otomatis delapan tingkat percepatan.

Sementara varian hybrid – yang menggabungkan mesin konvensional 1.6 liter dengan motor listrik, menghasilkan tenaga hingga 230 PS. Entakan torsinya mencapai 258 lb.ft.

Menariknya, varian kedua ini menggunakan transmisi Continuously Variable Valve Duration (CVVD). Transmisi ini disebut memiliki keunggulan mengatur durasi pembukaan katup untuk daya, efisiensi, dan emisi yang bisa diminimalkan.

Tampilan belakang Hyundai Tucson versi terbaru – dok.Istimewa via Hyundai Global

Tetapi yang tidak kalah menarik adalah gaya desain yang berbeda dengan tiga generasi sebelumnya. Jika generasi pertama masih tegak, generasi kedua seperti elips, dan ketiga sedikit ramping lebih agresif, generasi keempat ini bodinya menonjolkan garis tajam, ada lipatan, serta sudut-sudut yang tajam.

Ubahan juga terlihat pada bagian gril dengan lampu DRL yang menyatu dengannya, serta membentuk bagian ujung yang meruncing. Sehingga padu-padan antara bilah grill dengan DRL ini membentuk format yang menyerupai sayap. (Fat/Ara)

Tampilan samping dan sudut kiri bagian belakang Hyundai Tucson versi terbaru – dok.Istimewa via Hyundai Global

CATEGORIES
TAGS
Share This