Sama-sama Jeblos, Penjualan Ritel Rush Masih Jauh di Atas Terios

Sama-sama Jeblos, Penjualan Ritel Rush Masih Jauh di Atas Terios
Toyota Rush - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang delapan bulan pertama atau dari Januari hingga Agustus tahun ini, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat hanya sebanyak 364.043 unit atau masih jeblos 46,4% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 679.263 unit. Paralel dengan amblesnya penjualan mobil secara nasional, penjualan ritel SUV kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios juga jeblos.

Data yang di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris akhir pekan lalu menunjukkan, penjualan ritel Toyota Rush di sepanjang Januari – Agustus tahun ini hanya sebanyak Rush 21.638 unit. Padahal, di periode sama tahun sebelumnya, mobil ini masih terjual ke konsumen sebanyak 38.000 unit.

Namun, Rush di tahun ini masih menjadi mobil terlaris kedua Toyota di lima mobil terlaris Toyota setelah Avanza yang terlego ke konsumen sebanyak 26.674 unit. Bahkan, kontribusi Toyota Tush juga terbilang lumayan terhadap total penjualan ritel mobil Toyota yang sebanyak 115.553 unit selama kurun waktu itu.

Daihatsu Terios – dok.Istimewa

Sementara Daihatsu Terios di rentang Januari – Agutus tahun ini mencatatkan penjualan ritel hanya sebanyak Terios 9.844 unit. Dia bertengger di urutan ketiga dalam urutan penyumbang penjualan ritel mobil Daihatsu setelah Daihatsu Sigra dan pikap Daihatsu Gran Max, dengan kontribusi 15%.

Kinerja penjualan ritel Terios yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor itu, juga jeblos jika dibanding penjualan sepanjang Januari – Agustus 2019. Saat itu, Low SUV ini terjual ke konsumen masih sebanyak 13.864 unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This