Nissan Z-Proto Resmi Dikenalkan, Bermesin V6 Twinturbo Transmisi Manual

Nissan Z-Proto Resmi Dikenalkan, Bermesin V6 Twinturbo Transmisi Manual
Nissan Z-Proto saat dites di sirkuit - dok.Istimewa via Carscoops

Yokohama, Motoris – Nissan Motor Company (Nissan) hari ini, Rabu (16/9/2020) memamerkan versi baru dari mobil sport Nissan Z Series yang dinamai Nissan Z-Proto di Nissan Pavilion, Yokohama, Jepang. Sebagai penghormatan kepada pendahulunya Nissan Z – mobil sport yang kondang sejak dibuat pada 50 tahun lalu – Nissan Z-Proto menggabungkan antara tamilan retro dengan teknologi terkini.

“Nissan Z merupakan mobil sport murni, mewakili semangat Nissan. Ini merupakan model utama kami dalam rencana transformasi Nissan NEXT, dan ini menjadi bukti kemampuan kami untuk melakukan apa yang tidak berani dilakukan oleh orang lain. Sebagai penggemar Z, saya sendiri dengan senang hati mengumumkan bahwa Z berikutnya akan datang,” papar Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida, dalam keterangan resmi yang dilansir The Japan News dan Nippon Express, Rabu (16/9/2020).

Versi anyar ini disebut memiliki dimensi panjang 4.382 milimeter (mm), lebar 1.849 mm, dan dan 1.311 mm). Artinya, 5 mm lebih panjang, 5 mm lebih lebar, dan 5 mm lebih pendek dari Nissan 370Z.

Tampilan belakang Nissan Z-Proto – dok.Istimewa via Carscoops

Laman Carscoops, Rabu (16/9/2020), mengutip keterangan Nissan menyebut Z-Proto mengusung mesin V6 twin-turbo yang semburan tenaganya disalurkan ke roda menggunakan transmisi manual enam kecepatan. Hanya, pabrikan yang berbasis di Yokohama, Jepang, ini tak merinci angka semburan tenaga maupun torsi, meski dari kebiasaan yang ada selama ini menunjukan, saban geerasi terbaru Z memiliki tenaga yang lebih dari pendahulunya.

Sebelumnya, sejumlah informasi yang beredar menyebut mesin yang digendong Z-Proto itu berasal dari Infiniti Q60 Red Sport 400. Jika itu benar, maka semburan tenaga dari mesin Z-Proto setara dengan 400 hp dengan torsi 474 Nm. Dan tentu menjadi sebuah lompatan, karena semburan tenaga mesin V6 berkubikasi 3.7 liter yang sisandang 370Z saat ini hanya 332 hp dengan torsi 366 Nm.

Meski, dari sisi tampilan Z-Proto dibuat mirip dengan pendahulunya, Nissan 370Z. Setidaknya, terlihat dari tampilan cat bodi yang berwarna kuning cerah, seperti cat tubuh pendahulunya.

Tampilan samping Nissan Z-Proto – dok.Istimewa via Carscoops

Begitu pula dengan gaya desain kap mesinnya. Sedangkan lampu depan yang menggunakan LED berbentuk tear drop yang mengingkatkan orang pada Nissan 240ZG versi Japan Domestic Market (JDM) yang ngetop di tahun 1970-an.

Adapun bagian belakangnya sedikit lebih modern karena terinspirasi dari 300ZX dengan lampu belakang khas yang telah didesain ulang dengan sentuhan modernitas. Lampu ini menggunakan bingkai yang disaput kelir hitam. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This