Fortuner Terbaru Meluncur di Vietnam, di RI Versi Lama Masih Terjual Segini

Fortuner Terbaru Meluncur di Vietnam, di RI Versi Lama Masih Terjual Segini
Toyota Fortuner versi terbaru melenggang di sebuah wilayah di Vietnam - dok.Autopro.com.vn

Hanoi, Motoris – Setelah meluncur pertama kali – untuk diperkenalkan ke dunia – di Thailand pada 4 Juni lalu, hari ini, Kamis (17/9/2020), Toyota Fortuner versi terbaru (facelift) melenggang di pasar Vietnam. Informasi yang beredar sebelumnya menyebut, meski ditawarkan hanya dalam satu pilihan warna namun, Fortuner di Negeri Paman Ho itu full spec alias berfitur lengkap.

Seperti dilaporkan laman Autopro.vn, Rabu (16/9/2020) kemarin, sejumlah foto yang beredar di dunia maya negeri itu, terlihat unit-unit SUV ladder frame Toyota itu telah nongkrong di diler. Sementara, foto lainnya memperlihatkan Fortiner paling gres itu melenggang di jalanan kota Hanoi (kota terbesar setelah Ho Chi Minh City).

Toyota menyuguhkan Fortuner dalam dua pilihan tipe yaitu tipe standar dan tipe tertinggi yang dinamai Legender. Tipe tertinggi, juga mendapatkan fitur tambahan seperti Toyota Safety Sense, kamera 360 derajat, head unit berlayar 8 inci dengan Apple CarPlay, dan Android Auto.

Ilustrasi, tipe tertinggi Toyota Fortuner terbaru yang dinamai Legender- dok.Toyota

Ada dua varian mesin yang diusung Fortuner. Pertama, mesin diesel 2GD-FTV 2.4 liter yang bertenaga 150 hp dengan torsi 400 Nm. Kedua, mesin diesel 1GD-FTV 2.8 liter dengan semburan tenaga 201hp dan torsi 500 Nm.

Lantas, akankah Fortuner anyar ini juga segera meluncur di Indonesia? “Untuk model baru, mohon maaf saya tidak bisa berkomentar. Walaupun bisa dikatakan, kami selalu mempelajari pasar dan semua model terbaru untuk memberikan kepuasan kepada customer,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, saat dihuungi beberapa waktu lalu.

Namun yang pasti, Anton mengatakan penjualan Fortuner versi yang ada saat ini, di Indonesia cukup memuaskan. “Masih bagus dengan market share (pangsa pasar) yang leading di segmennya,” imbuh Anton.

Salah satu fitur anyar Toyota Fortuner anyar adalah sistem pembuka pintu belakang yang cukup dengan mengayunkan kaki di bawah bemper belakang – dok.Toyota

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Agustus kemarin, penjualan Toyota Fortuner langsung ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 7.400 unit. Jumlah itu terdiri dari 7.160 unit Toyota Fortuner 4×2, dan 240 unit Toyota Fortuner 4×4.

Jika dirinci angka penjualan varian 4×2 itu berasal dari penjualan ritel januari yang sebanyaj 1.326 unit, Februari 1.554 unit, Maret1.130 unit, dan April 400 unit. Kemudian dari penjualan Mei yang sebanyak 465 unit, Juni 719 unit, Juli 778 unit, dan Agustus 788 unit.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo yang sampai saat ini masih dijual di Indonesia – dok.Motoris

Adapun penjualan ritel varian 4×4 dibukukan dari penjualan di Januari yang sebanyak 28 unit, Februari 72 unit, Maret 45 unit, dan April 31 unit. Selain itu dari penjualan selama Mei yang sebanyak 12 unit, Juni 23 unit, Juli 16 unit, serta Agustus yang sebanyak 13 unit.(Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This