Ford Raptor F-150 Laris Manis, Kini “Kembarannya” Tiba-tiba Muncul di Cina

Ford Raptor F-150 Laris Manis, Kini “Kembarannya” Tiba-tiba Muncul di Cina
Da Jiang Jun, pikap medium buatan Foton yang mirip Ford Raptor-150 - dok.Ford Authority

Beijing, Motoris – Pikap big size besutan Ford Motor Company (Ford) hingga kini masih tercatat sebagai pikap medium hingga bigsize terlaris di dunia. Sekarang, entah sengaja atau tidak, pabrikan asal Changping, Beijing, Cina – Beiqi Foton Motor Co.Ltd – membuat kendaraan sejenis dan rupa tampilan yang sangat mirip.

Seperti dilaporkan laman Ford Authority dan Torque News, Rabu (16/9/2020) kemunculan pikap medium yang memiliki tampilan seperti Raptor F-150 itu begitu tiba-tiba. Kendaraan tersebut dibuat oleh Foton dan dinamai dengan Da Jiang Jun, yang jika diartikan secara bebas adalah, si Jenderal Besar.

Sang Jenderal pun diduga dan dituding sebagai bentuk baru pelanggaran atas hak cipta secara terselubung yang dilakukan oleh pabrikan itu. “Dan, ternyata, pikap ini tampak seperti Ford F-150 Raptor baru. Beberapa foto Jenderal muncul d awali dunia maya pada tahun ini. Tetapi Foton baru-baru ini merilis beberapa (foto baru) lagi saat model tersebut bersiap untuk melakukan debutnya di Beijing Auto Show pada 26 September mendatang,” tulis Ford Authority.

Foton Da Jiang Jun – dok.Ford Authority

Namun, meski terlihat sangat mirip dengan F-150 Raptor, tetapi sang Jenderal dinilai tidak cukup sesuai dengan spesifikasi. Alih-alih menemukan mesin Ford 3.5 liter EcoBoost V6 (twin turbocharged) di bawah kapnya, para pembelinya hanya akan mendapati mesindiesel empat silinder 2.0 liter tubocharghed atau mesin bensin 2.5 liter turbocharged yang bertenaga 238 hp.

Transmisinya disebut-sebut menggunakan transmisi ZF manual delapan tingkat percepatan. Perbedaan lainnya adalah, Da Jiang Jun ternyata berada di segmen pikap medium, jadi lebih kecil dari Raptor versi asali buatan Ford yang merupakan pikap big size.

Ford F-150 Raptor model 2020 – dok.Ford Authority

Sebelumnya, laman Focus2Move, belum lama ini, melaporkan pikap Ford Series masih mencatatkan diri sebagai pikap terlaris di dunia dengan total penjualan sebanyak 433.901 unit atau setara dengan 16,7% total penjualan pikap medium dan big size dunia. Dan dari jumlah itu, hampir 60-nya merupakan Raptor F-150. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This