Oshan X5, SUV Cina Bergaya Eropa yang Siap Goyang Dunia

Oshan X5, SUV Cina Bergaya Eropa yang Siap Goyang Dunia
Oshan X5 dengan grill yang mirip dengan gril mobil-mobil besutan Maserati - dok.Istimewa via Carscoops

Chongqing, Motoris – Sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) buatan merek Oshan – sebuah merek yang berada di bawah payung pabrikan otootif asal Chongqing Cina, Changan Automobile Co Ltd – mengejutkan kalangan pemerhati industri otomotif dunia. Betapa tidak, dengan menyandang nama Oshan X5, mobil ini benar-benar bertampang plus gaya desain khas Eropa.

Seperti dilaporkan laman Car News China dan Carscoops, belum lama ini, prototipe SUV ini telah diperkenalkan di hajatan Chengdu Auto Show 2020 yang berlangsung bulan Juli lalu. Menariknya, sejumlah foto-foto yang beredar belum lama ini menunjukkan, postur versi produksi SUV ini terlihat ramping.

“Sesuatu yang bukan khas kendaraan produksi pabrikan Cina pada umumnya,” tulis dua media tersebut.

Gaya khas mobil Eropa tak hanya terlihat dari postur secara umum, tetapi juga paras dan sejumlah bagiannya. Lampu depan misalnya khas gaya Maserati, dimana satu set lampu berukuran ramping dengan sudut yang menyatu dengan grill berukuran besar. Dan lampu ini telah menggunakan LED.

Interior depan Oshan X5 – dok.Istimewa via Carscoops

Menambah kesan gagah, pabrikan pembuatnya memberi selubung hitam untuk lengkungan roda Oshan X5 dan di sepanjang side skirts. Itu selaras tampilan velg yang dibalur kelir hitam glossy.

Tampilan pilar C juga bergaya SUV terkini. Sedangkan pada bagian bodi samping pahatan lekukan menyiratkan karakter kokoh sebuah SUV. Terlebih, bagian belakang, termasuk lampu belakang yang ber-LED dan berbentuk melenkung, knalpot ganda yang bagian ujungnya dilapisi krom, plus diffuser yang bergaya agresif semakin menguatkan kesan tersebut.

Pada bagian interior, Oshan memberi X5 cluster instrumen digital, layar peranti infotainment berukuran plus audio system yang selaras. Roda kemudi, tuas persneling, jok dibalut lembaran kulit dengan kain dalam padu-padan warna hitam dan merah.

Tampilan kabin Oshan X5 dilihat dari atas – dok.Istimewa via Carscoops

Oshan X5 akan dijual secara eksklusif mulai November nanti itu dibekali mesin bensin 1.5 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 180 hp dengan torsi 300 Nm. Penyaluran tenaga ke roda depan menggunakan transmisi dual-clutch tujuh tingkat percepatan. (Fer/Ara)

Tampilan Oshan X5 bagian samping dan belakang – dok.Istimewa via Carscoops

CATEGORIES
TAGS
Share This