Penjualan Bus Januari-Agustus Ambles 29%, Hino Klaim Kuasai Pasar

Penjualan Bus Januari-Agustus Ambles 29%, Hino Klaim Kuasai Pasar
Ilustrasi,bus baru dengan bodi garapan perusahaan karoseri Tentrem - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Agustus kemarin, total penjualan chassis bus ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 1.674 unit. Jumlah ini ambles 29% dibanding penjualan ritel sepanjang periode yang sama tahun lalu.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan ritel chassis bus di delapan bulan pertama tahun 2019 sebnyak 2.365 unit. Artinya, penjualan ritel di Januari – Agustus tahun ini berkurang atau merosot 691 unit.

Catatan Gaikindo juga memperlihatkan selama delapan bulan tahun ini, bus dengan bobot 5 – 10 ton, merupakan yang terlaris dibeli oleh konsumen, yakni sebanyak 952 unit. Meski dibanding penjualan di kurun waktu yang sama tahun lalu penjualan chassis bus kategori ini masih ambrol 10%, karena tahun tersebut penjualan masih sebanyak 1.060 unit.

Ilustrasi, bus dengan basis chassis Mercedes-Benz – dok.Motoris

Terlaris kedua, chassis bus berbobot 10 – 24 ton, dengan jumlah 708 unit. Jumlah ini ambles 45% dibanding jumlah penjualan sepanjang Januari – Agustus 2019 yang masih sebanyak 1.292 unit.

Adapun chassis bus dengan bobot lebih dari 24 ton, penjualannya di tahun ini bertambah 1 unit atau naik 8% dibanding penjualan ritel yang terjadi di delapan bulan pertama tahun 2019 lalu. Jumlah penjualan tahun ini 14 unit, sedangkan di tahun lalu masih 13 unit.

Chief Operating Officer (COO) PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (21/9/2020) mengklaim, Hino masih menjadi penguasa pasar chassis bus. Dia menyebut, produk bus Hino diplih oleh para pengusaha PO sebagai sarana transportasi karena memiliki speksifikasi yang mumpuni dan dapat diandalkan.

Ilustrasi, bus ber-chassis Scania – dok.Motoris

“Ini dibuktikan dengan data penjualan bus Hino selama Januari hingga Agustus 2020, Hino terus memimpin pangsa pasar penjualan sebanyak 57% atau terus menjadi market leader di Indonesia,” kata dia. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This