Delapan Bulan Penjualan Pikap Masih Minus 37%, Suzuki Carry Asapi Gran Max

Delapan Bulan Penjualan Pikap Masih Minus 37%, Suzuki Carry Asapi Gran Max
Ilustrasi, Suzuki New Carry Luxury - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Penjualan ke konsumen (ritel) kendaraan niaga jenis pikap dengan bobot kurang dari 5 ton (low pickup) sepanjang Januari hingga Agustus tercatat masih ambles atau minus 37% dibanding penjualan periode sama tahun 2019. Pikap Suzuki Carry masih mendominasi pasar.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama delapan bulan pertama itu total penjualan ritel low pickup sebanyak 54.108 unit. Jumlah ini berkurang (minus) 31.409 unit atau merosot 37% dibanding penjualan di kurun waktu yang sama tahun 2019, yang masih sebanyak 85.517 unit.

Dari total penjualan ritel tersebut, 23.856 unit di antaranya merupakan pikap Suzuki Carry. Jumlah ini setara dengan 53% dari total penjualan yang dibukukan seluruh merek. Sedangkan pikap Daihatsu Gran Max berada di urutan kedua dengan total penjualan ritel sebanyak 14.054 unit.

Pikap Daihatsu Gran Max – dok.Istimewa

Artinya, pikap andalan PT Astra Daihatsu Motor itu masih jauh tertinggal jauh alias “diasapi pekat” oleh pesaingnya dari Suzuki itu. Sebab, selisih penjualannya mencapai 9.800 unit, jumlah yang yang tak kecil.

Sepanjang Agustus saja, Pikap Suzuki New Carry ini terlego ke konsumen sebanyak 3.111 unit atau 66% dari total penjualan ritel di bulan tersebut. “Ini membuktikan New Carry Pick Up diakui sebagai kendaraan komersial yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan terus mendorong kegiatan ekonomi agar tetap berkembang meskipun di tahun ini terdampak pandemi,” klaim 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, dalam keterangan resmi yang dirilis Jumat (18/9/2020) lalu.

Total penjualan ritel – seluruh merek – sepanjang bulan kedelapan itu tercatat sebanyak 6.829 unit. Jumlah ini menciut 2,7% dibanding penjualan bulan sebelumnya yang sebanyak 7.021 unit.

Pikap DFSK Super Cab, kendaraan komersial yang diproduksi Sokon Automible di Serang, Banten – dok.Motoris

Sementara, dibanding bulan yang sama tahun 2019, penjualan ritel sepanjang Agustus tahun ini anjlok 44%. Karena di bulan kedelapan tahun 2019 total ritel masih sebanyak 12.237 unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This