Toyota New Agya, LCGC dengan Kenyamanan dan Keamanan Segala Usia

Toyota New Agya, LCGC dengan Kenyamanan dan Keamanan Segala Usia
Toyota New Agya 1.2 TRD - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Toyota New Agya meluncur pada Maret lalu, ketika negeri ini mulai dinyatakan dalam status tanggap darurat wabah virus corona (Covid-19). Namun, meski ekonomi nasional terdampak wabah virus yang mematikan itu, kinerja penjualan New Agya tetap “menyala”.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari – Agustus kemarin, mobil murah ramah lingkungan (LCGC) jenis hatchback ini masih terjual ke konsumen (ritel) sebanyak Agya yang sebanyak 8.302 unit. Memang, di delapan bulan pertama itu, total penjualan seluruh jenis LCGC dari semua merek di Tanah Air juga tengah jeblok.

Total penjualan ritel LCGC selama periode itu sebanyak 74.587 unit, atau jeblos hingga 48% dibanding pejualan ritel selama periode sama tahun 2019, yang sebanyak143.668 unit. Sedangkan selama bulan Agustus saja. Penjualan ritel anjok 60%, dari 17.996 unit di Agustus 2019, menjadi 7.235 unit.

Tampilan belakang Toyota New Agya 1.2 liter TRD Transmisi otomatis- dok.Motoris

Sementara, di Agustus tahun ini penjualan ritel Toyota Agya sebanyak 989 unit, yang menjadi indikator bahwa minat konsumen terhadap mobil ini tinggi. Meski tak setinggi di masa sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

“Karena kalau kita lihat market (baik penjualan mobil secara keseluruhan maupun segmen LCGC) Januari – Agustus memang turun ya. Tetapi, Agya masih mendapatkan respon positif. Kalau kita lihat profil pembelinya first buyer (orang yang baru pertama membeli mobil) maupun additional (orang yang membeli mobil baru sebagai mobil tambahan, karena telah memiliki mobil lain),” papar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi belum lama ini.

Menurut Anton, daya tarik New Agya yang meningkat seiring perubahan di eksterior maupun interior dan fitur yang oke untuk di segmennya. Terlebih, lanjut Anton, kenyamanan juga meningkat, dan harganya yang bersaing sepadan dengan fitur dan kenyamanan yang disajikan. “Ya, value for money-nya tinggi,” ucap Anton.

Mesin Toyota New Agya – dok.Motoris

Antara tampilan dan kegunaan
New Agya disajikan dalam dua varian mesin yakni mesin 1.0 liter dan mesin 1.2 liter, yang semburan tenaga masing-masing varian meningkat. Peningkatan performa mesin ini selaras dengan ubahan tampilan dan fitur kenyamanan maupun keamanan yang disematkan.

Faktor-faktor itulah yang menjadi pemantik minat konsumen. Namun, ubahan itu bukan sekadar “pemikat” semata, tetapi menjadi faktor utama pertimbangan konsumen selama ini.

Tampilan New Agya memang jauh lebih keren ketimbang versi lama. Lekukan pada bagian bumper, desain grill baru, lampu LED, velg dengan desain baru, bahkan di tipe teratas 1.2 TRD S dan 1.2 G sudah dilengkapi spion yang bis dilipat secara elektris (rectraclable side mirror), dan hingga tampilan belakang yang lebih “fresh” adalah serangkaian ubahan yang terjadi di bagian eksterior.

Toyota New Agya 1.2 TRD A/T dengan harga terjangkau, kenyamanan lumayan dengan tampilan menawan, serta memiliki fitur keamanan yang cukup layak menjadi pilihan – dok.Motoris

Begitu pun di bagian interior. Kalau kita bicara tipe tertinggi, ada Engine Start Stop Button dan New Touch Screen Head Unit, New Center Cluster with Digital AC, jok semi bucket, dan lain-lain. “Ada engine start stop button, sebuah fitur yang cukup canggih untuk mobil segmen entry level,” ujar Anton.

Namun, yang tak kalah penting – dan dirasa memberi nilai tambah – adalah, kehadiran dual SRS airbag, seatbelt di jok bagian depan maupun belakang, headrest, hingga Isofix (International Standard Organizations Fix). Idosfix yang berupa dua besi pengait yang terletak di bagian lipatan jok bagian dalam, itu sangat penting.

Jok bagian belakang atau baris kedua sudah dilengkapi seatbelat, headrest, dan ISOFIX. Legroom juga cukup lega – dok.Motoris

Pasalnya, perangkat ini berfungsi mengaitkan bagian bawah child seat ke jok mobil tanpa harus melilitkan sabuk pengaman. Sehingga, bagi keluarga yang memiliki anak Balita akan lebih aman ketika mengajaknya melakukan perjalanan, tanpa perlu upaya yang ribet.

Artinya, Toyota Agya – meski sebuah LCGC – namun menyuguhkan kenyamanan dan keamanan – yang pasti bagi segala usia, dari dewasa hingga Balita. Mobil ini cocok dipinang bagi pasangan dewasa hingga pasangan usia muda, di mana saja. (Die/Ara)

Tampilan interior depan Toyota New Agya, terlihat tombol pengoperasian volume suara audio yang berada di lingkar kemudi – dok.Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This