Hingga September Toyota Corolla Cross Sudah Dipesan 531 Unit

Hingga September Toyota Corolla Cross Sudah Dipesan 531 Unit
Toyota Corolla Cross hybrid- dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – Varian crossover anyar Toyota Corolla Cross yang diluncurkan di Indonesia pada 6 Agustus lalu, disebut telah terpesan 531 unit. Jumlah pemesanan ini, sesuai dengan target penjualan yang dipatok PT Toyota Astra Motor, yakni 200 – 300 unit saban bulannya.

Kabar tentang jumlah pemesanan Toyota Corolla Cross itu diungkap oleh Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam Workshop Wartawan Industri 2020, di Jakarta, Selasa (29/9/2020). Menurut Anton, penggelontoran crossover paling gres Toyota ke pasar nasional itu merupakan bagian dari upaya TAM untuk mempertahankan pangsa pasar di tengah lesunya pasar otomotif Tanah Air akibat dampak pandemic Covid-19.

Sebab, dengan hadirnya model anyar, gairah konsumen untuk mendapatkan mobil baru juga masih akan tetap terpantik. Terlebih, penjualan mobil model baru itu juga disertai berbagai paket penjualan yang memberikan keringanan dan kemudahan perawatan dan biaya kepemilikan.

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross – dok.Toyota Global

Di tahun 2020 ini, lanjut Anton, pihaknya telah menggelontorkan sejumlah model baru. Selain Corolla Cross, juga ada New Agya, Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited, New Hilux, dan Toyota Sienta Welcab, Toyota New Yaris, Toyota New Hilux, serta Toyota New GR Supra.

“Corolla Cross hasilnya cukup baik. Dari data yang saya dapatkan per 26 September SPK-nya (Surat Pemesanan Kendaraan) sudah mencapai 531 unit. Tentu saja ini sudah melebihi dari harapan kami (target yang ditetapkan 200 – 300 unit per bulan),” ujar Anton.

Sebelumnya, dalam konferensi pers peluncuran Toyota New Yaris yang digelar secara virtual beberapa waktu lalu, Anton sempat mengatakan, hingga akhir Agustus pemesanan Corolla Cross telah mencapai 300 unit lebih. Dari jumlah itu, 70%-nya merupakan varian hybrid.

Toyota Corolla Cross saat diajak melibas genangan air – dok.PT TAM

Sementara itu, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sejak 6 Agustus sampai akhir bulan itu, jumlah Corolla Cross yang dikirim ke konsumen (ritel) telah mencapai 121 unit.Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua varian, yakni varian konvensional dan Hyvrid.

Varian pertama mengusung mesin bensin 2ZR-FBE 1.800 cc dan varian hybrid menggabungkan mesin 2ZR-FXE 1.800 cc dengan motor listrik. Varian konvensional dijual dengan harga Rp 456,8 juta, sedangkan varian hybrid dibanderol Rp 497,8 juta on the road Jakarta.

Data Gaikindo juga menyebut penjualan ke konsumen (ritel) Toyota Yaris dari Januari hingga Agustus kemarin, tercatat sebanyak 2.510 unit, Toyota Kijang Innova 18.941 unit, dan Toyota Agya 8.302 unit.

Interior Toyota Corolla Cross- dok.Toyota Global

Sedangkan secara kumulatif di delapan bulan pertama, total penjualan ritel Toyota sebanyak 115.553 unit atau setara dengan 31,7% dari total penjualan ritel seluruh kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air yang sebanyak 364.034 unit. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This