Selain 300cc, Peugeot P2X Juga Bisa Bermesin 150cc dan 500cc

Selain 300cc, Peugeot P2X Juga Bisa Bermesin 150cc dan 500cc
Konsep Peugeot P2X Cafe Racer - dok.Istimewa via Motorbeam.com

Turin, Motoris – Pabrikan motor asal Prancis – yang sejak Oktober 2019 lalu diakuisisi Mahindra Group India – Peugeot Motorcycles, kini tengah memproduksi motor naked dalam versi café racer dan roadster. Motor yang konsepnya pernah dipamerkan di hajatan EICMA Italia dan Intermot di Jerman tahun 2019 lalu itu, disebut bakal merambah pasar di berbagai kawasan, termasuk di Asia.

Seperti dilaporkan Car and Bike dan News18 yang mengutip wawancara Direktur perusahaan distributor Peugeot di Italia, Mario Minella dengan media Italia Motociclismo.it beberapa waktu lalu, Peugeot P2X bakal ditawarkan dalam tiga varian mesin. Meski, kata Mario, yang utama model pertama bakal mengusung mesin 300 cc milik Mahindra Mojo.

“Kami memiliki platform mesin berbasis 300 cc yang dapat dikembangkan menjadi berkapasitas lebih kecil, menjadi 150 cc atau diperbesar hingga 500 cc. Ini adalah dasar untuk dapat bekerja di semua pasar, termasuk pasar Italia,” kata dia.

Konsep Peugeot P2X versi roadster – dok.Istimewa

Laman Motorcycle World menulis, produksi motor sport naked – yang bakal disajikan dalam versi café racer dan roadster itu, tak lepas dari keinginan Mahindra Group melalui Mahindra Two Wheelers untuk menggenjot produksi dan penjualan. Mahindra yang pada tahun 2015 baru menguasai 50% saham Peugeot Motorcycles (PTMC), di Oktober 2019 telah secara resmi mencaplok 100% saham pabrikan itu.

Mahindra bertekad mewujudkan ambisinya untuk menggenjot penjualan di Eropa dan sejumlah negara di Asia. Sebelumnya, anak perusahaan Mahindra di Eropa dan tim PMTC telah bekerja sama meluncurkan rencana kinerja tahun 2020 yang dicanangkan pada Juli 2018 lalu.

“Rencana kinerja ini meletakkan dasar untuk memperkuat operasi perusahaan dan mendorong pertumbuhan di pasar inti di Eropa sambil memperluas ke geografi baru, termasuk pasar Asia terpilih (negara-negara tertentu),” ujar President farm equipment services and Two Wheelers Mahindra, Rajesh Jejurikar seperti dilansir Business Standard.

Ilustrasi, logo Mahindra – dok.Business Standard

Dengan jalinan kerjasama itu pula, PTMC yang selama ini telah dikenal telah memproduksi skuter Django itu diminta untuk mengembangkan motor sport naked. Ada dua varian yang dihasilkan dengan nama konsep P2X yakni café racer dan roadster.

Hanya, hingga kini belum dipastikan kapan motor tersebut akan diluncurkan. Sampai saat ini, juga belum ada informasi rinci soal spesifikasi, meski dari konsep yang sempat disuguhkan di pameran EICMA 2019 dan Intermot 2019 lalu terlihat, motor ini menggunakan sistem suspensi upside-won di roda depan dan shockbreaker dengan gas ganda di roda belakang.

Motor Sport Peugeot P2X bergaya cafe racer – dok.Istimewa

Pengereannya menggunakan piringan cakram yang diimbuhi ABS. Motor berpelek alloy ini menggunakan sistem pencahayaan yang telah menggunakan LED. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This