Ducati Multistrada V4, Motor Pertama Berfitur Teknologi Radar

Ducati Multistrada V4, Motor Pertama Berfitur Teknologi Radar
Ducati memberi teaser model anyar, Ducati Multistrada V4 - dok.Istimewa

Bologna, Motoris – Pabrikan sepeda motor asal Italia, Ducati, kini telah memulai proses produksi Ducati Multistrada V4 dan akan meluncurkannya pada 4 November nanti. Salah satu keistimewaan model anyar ini adalah, teknologi radar yang disematkan di bagian depan dan belakang motor tersebut.

Pernyataan pabrikan yang dilansir Ultimate Motorcycling dan Carscoops, Rabu (7/10/2020) menyebut keberadaan fitur itu bakal menyokong keamanan dan kenyamanan berkendara. Pasalnya, sistem radar itu berkaitan dengan fitur penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara lainnya.

Sistem akan mengawal fungsi fitur Adaptive Cruise Control sehingga akan mengarahkan pengemudi untuk menyesuaikan jarak dari kendaraan lain saat berkendara dengan kecepatan antara 30 kilometer per jam (kpj) hingga 160 kpj. Radar juga akan menyajikan realitas keadaan areal jalan yang dilintasi motor.

Perangkat sistem radar yang dipasang pada bagian depan di Ducati Multistrada V4 – dok.Istimewa

Dengan hasil perekaman keadaan rill yang dilakukan oleh radar itu pula, maka sistem pengereman juga akan menyesuaikan mekanisme dengan keadaan yang tengah dihadapi. Walhasil, mekanisme pengereman otomatis akan berlangsung secara akurat.

Sementara di bagian belakang, radar akan mendeteksi dan melaporkan kendaraan yang berada di area blind spot. Area tersebut merupakan titik yang tidak terlihat langsung oleh pengendara maupun di spion.

Berdasar rekamanan kondisi di area blind spot itu, radar akan memberikan sinyal kepada pengemudi kala ada dengan laju yang tinggi datang dari arah belakang. Walhasil, keamanan dan kenyamanan mereka tetap terjaga.

Radar ini memiliki dimensi ukuran 70 mm x 60 mm x 28 mm. Wujudnya mirip dengan action camera. Bobotnya hanya 190 gram.

Radar yang dipasang di bagian belakang Ducati Multistrada V4 – dok.Istimewa

Ducati mengembangkan peranti tersebut bersama para peneliti dan mahasiswa Politecnico di Milan. Hak paten yang berkaitan dengan algoritma kontrol sistem ini telah didaftarkan pada Mei 2017 lalu.

Lantas bagiamana spesofikasi teknis Ducati Multistrada V4 tersebut? Ducati hingga kini masih menyimpan rapat-rapat, karena informasi baru diungkap dalam sesi perkenalan pada 15 Oktober nanti, sebelum diluncurkan secara resmi pada 4 November mendatang. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This