Penjualan Ritel hingga Agustus, Fortuner Unggul Telak atas Pajero Sport

Penjualan Ritel hingga Agustus, Fortuner Unggul Telak atas Pajero Sport
Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo yang sampai saat ini masih dijual di Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah meluncur perdana di Thailand pada 4 Juni lalu, kini Toyota Fortuner versi terbaru dijadwalkan melenggang di pasar Indonesia pada Kamis (15/10/2020) pekan depan. Padahal, versi lawas catatan penjualan riilnya – yakni penjualan langsung ke konsumen alias penjualan ritel – masih lumayan.

Bahkan, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di rentang Januari hingga Agustus penjualan SUV high Toyota itu terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 7.400 unit (terdiri dari Fortuner 4×2 sebanyak 7.160 unit dan Fortuner 4×4 sebanyak 240 unit). Jumlah itu setara dengan 35,6% dari total penjualan SUV kategori high yang sebanyak 20.090 unit.

Kinerja penjualan ritel Fortuner di delapan bulan pertama ini, jauh di atas para pesaingnya. Bahkan, jauh mengungguli kinerja penjualan ritel rival terkuatnya, Mitsubishi Pajero Sport. Data berbicara, angka penjualan ritel yang berhasil dikumpulkan Pajero Sport di kurun waktu itu hanya 4.643 unit, atau tertinggal 2.517 unit oleh Fortuner.

Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport – dok.Motoris

Tertinggalnya Pajero tak hanya dalam penjualan ke konsumen, tetapi juga penjualan ke diler alias wholesales. Angka-angka statistik penjualan yang dirangkum Gaikindo menunjukkan, di sepanjang Januari – Juli Fortuner terjual ke diler sebanyak 4.748 unit.

Jumlah ini berasal dari penjualan sepanjang Januari 1.417 unit, Februari 1.161 unit, dan Maret 951 unit. Selain itu dari penjualan ke diler sepanjang April sebanyak 83 unit, Mei 109 unit, Januari 324 unit, serta Juli yang sebanyak 703 unit.

Sementara, pada periode yang sama, Fortuner membukukan wholesales sebanyak 6.857 unit. Angka penjualan sebanyak itu dikumpulkan dari Januari yang sebanyak 1.097 unit, Februari 1.700 unit, Maret 1.818 unit, April 252 unit, Mei 30 unit, Juni 293 unit, dan Juli sebanyak 1.667 unit.

Nissan Terra – dok.Motoris

Namun, penjualan ritel Fortuner di delapan bulan itu tak hanya membungkam penjualan Pajero Sport saja, tetapi juga Nissan Terra. SUV ladder frame Nissan itu terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 1.003 unit.

Ihwal peluncuran Toyota Fortuner versi anyar yang rencananya dilakukan bareng dengan Toyota Kijang Innova versi paling gres, Head Communication PT Toyota Astra Motor (TAM) Dimas Azka menyebut langkah itu sebagai wujud komitmen Toyota Indonesia dalam melakukan improvement layanan dan produk sesuai perkembangan kebutuhan pasar. “Gampangnya, kami menyesuaikan dengan kemauan dan kebutuhan pasar,” ujar dia saat dihubungi di Jakarta, Kamis (8/10/2020). (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This