Hadir Sejak 2005, TVS Apache Sudah Terjual 4 Juta Unit

Hadir Sejak 2005, TVS Apache Sudah Terjual 4 Juta Unit
TVS Apache RTR 180 BS6 - dok.Zigwheels

Chennai, Motoris – TVS Motor Company (TVS) Senin (12/10/2020) mengumumkan rekor penjualan TVS Apache Series yang telah mencapai 4 juta unit, sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2005. Dengan capaian itu, TVS Apache menjadi salah satu merek sepeda motor premium yang tumbuh paling cepat di India.

“Dari total penjualan tersebut ( 4 juta unit), 1 juta unit di antaranya dibukukan dalam dua tahun terakhir,” ungkap Director & Chief Executive Officer TV, K.N. Radhakrishnan seperti dilansir Business Standard dan The India Journal, Selasa (13/10/2020).

Radhakrishnan menyebut, salah satu daya tarik TVS Apache adalah platform yang menunjukkan kehebatan teknologi perusahaan. Selain itu DNA balap yang tersemat di sepeda motor bermesin 160cc hingga 310cc itu dilengkapi sederet fitur terbaik di kelasnya seperti teknologi mesin RT-Fi, GTT (Glide Through Technology), pilihan mode berkendara, SmartXonnect, slipper clutch, dan lain-lain.

TVS Apache Series, terdiri dari dua kategori yakni naked dan super sports. Di kategori pertama disuguhkan seri RTR (Racing Throttle Response) meliputi TVS Apache RTR 160, TVS Apache RTR 160 4V, TVS Apache RTR 180 dan TVS Apache RTR 200 4V.

TVS Apache RR 310 yang diluncurkan pada tahun 2017 – dok.Istimewa

Sedangkan di jajaran super sport, terdapat TVS Apache RR 310 (Race Replica) yang digelontorkan ke pasar sejak tahun 2017. “Model ini menegaskan performa dan dinamika berkendara yang superior, dipadukan dengan desain yang kuat dan ekspresif yang menawarkan fitur teknologi balap yang unggul termasuk teknologi throttle-by-wire, empat mode pengendaraan, TVS SmartXonnect berkemampuan 5 ” TFT Vertikal,” jelas Radhakrishnan.

TVS Motor Company yang didirikan pada tahun 1978 itu, kini terus melakukan langkah ekspansi bisnis. Pabrikan ini, berkolaborasi dengan pabrikan-pabrikan top dunia, antara lain BMW Motorrad untuk memproduksi sepeda motor.

Bahkan, pada April lalu, pabrikan ini diketahui telah mengakuisisi produsem motor asal Inggris, Norton Motorcycles
dengan nilai 16 juta poundsterling. Meski, di tahun ini penjualan pabrikan yang bermarkas di Chennai, India, itu juga loyo tersengat pandemi Covid-19.

Ilustrasi varian motor sport TVS yang dipasarkan di Indonesia – dok.TVS Indonesia

Laman Motorcycle Data, belum lama ini melapaorkan, sepanjang Januari hingga Agustus lalu TVS menjual kendaraan bermotor roda dua maupun tiga sebanyak 12,7 juta unit di pasar global (termasuk India). Jumlah ini ambrol 36,8% dibanding periode sama tahun 2019.

Penjualan di India dilaporkan anjlok 37,9%, dan di negara-negara anggota ASEAN ambles 26,3%. Sedangkan di wilayah Amerika Latin, penjualan disebut merosot hingga 17,2%. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This