Pajero Sport Baru Belum Dihadirkan di RI, Ini Alasan Mitsubishi

Pajero Sport Baru Belum Dihadirkan di RI, Ini Alasan Mitsubishi
Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate yang diluncurkan pada Juli 2020 - dok.MMKSI

Jakarta, Motoris – Meski pesaing terkuatnya – yakni Toyota Fortuner versi terbaru – telah hadir “menggelinding” di pasar, namun Mitsubishi Pajero Sport versi paling anyar masih belum akan melenggang ke Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masih mencari celah momentum yang tepat untuk menggelontorkannya.

President Director PT MMKSI Naoya Nakamura menegaskan, siklus hidup sebuah produk telah ditetapkan waktunya. Terlebih pada Juli lalu MMKSI telah menyuguhkan Pajero Sport Special Edition.

“Kami masih menunggu waktu yang tepat untuk menghadirkan Pajero Sport terbaru. Tetapi, yang perlu diingat, kami pada Juli lalu sudah meluncurkan Pajero Sport Special Edition dan diterima dengan baik di pasaran,” papar dia dalam konferensi pers secara virtual peluncuran Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Black Edition yang digelar di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Namun, Nakamura tak memastikan kapan Pajero Sport versi terbaru itu bakal dihadirkan, apakah tahun ini atau tahun depan. “Kami terus menginformasikan kepada media apabila waktunya sudah dekat,” ucap dia.

Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport – dok.Motoris

Sementara, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Agustus lalu, penjualan Mitsubishi Pajero Sport ke konsumen (ritel) masih tertinggal Fortuner. Pada periode itu Mitsubishi Pajero Sport terjual sebanyak 4.643 unit dan Fortuner sebanyak 7.160 unit.

Tapi, penjualan Mitsubishi Pajero Sport jauh mengungguli penjualan ritel yang ditorehkan Nissan Terra di delapan bulan pertama 2020 itu. Pada kurun waktu itu, SUV ladder frame Nissan tersebut terjual sebanyak 1.003 unit.

MMKSI kini justeru menggelontorkan edisi spesial dari Mitsubishi Xpander, yakni Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Black Edition. Kehadiran dua model edisi spesial ini, tandas Nakamura, bukan sekadar untuk memacu penjualan. Namun, juga bisa memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen.

“Keduanya merupakan pilihan yang cocok untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang menyukai petualangan dan mimiliki karakter tegas, namun tetap menganggap momentum kebersamaan dengan keluarga sebagai hal yang tak ternilai,” ujar dia.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition – dok.Istimewa

Director of Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro menambahkan, sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2017 hingga September tahun ini, Xpander telah terjual 167.000 unit. “Ini membuktikan bahwa Xpander telah menjadi pilihan masyarakat, dengan market share 25% lebih,” ujar Irwan pada kesempatan yang sama.

Sedangkan dua model Xpander edisi spesial yang diluncurkan saat ini, kata Irwan, membidik konsumen pasangan dan keluarga urban yang aktif dan menikmati hidup, dengan kareakter berjiwa petualang yang ekspresif. Kelompok masyarakat usia muda memang pasar potensial di Tanah Air.

Sekadar catatan, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, penduduk kelompok usia muda paling produktif, yakni 20 tahun – 45 tahun di Indonesia merupakan kelompok terbesar di Tanah Air. Dari total jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 268.074.600-an jiwa, 103.360.300-an jiwa merupakan penduduk dengan rentang usia tersebut. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This