Rapor Penjualan Ritel Rush vs Terios hingga September, Jomplang

Rapor Penjualan Ritel Rush vs Terios hingga September, Jomplang
Daihatsu Terios - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – September penjualan mobil Toyota kepada konsumen (ritel) yang dijajakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) tercatat sebanyak 128.076 unit, dengan pangsa pasar 31,4%. Pada saat yang sama, penjualan mobil Daihatsu yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebanyak 73.488 unit, dengan pangsa pasar 18% dari total penjualan ritel seluruh merek dan model kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air.

Salah satu penyumbang penjualan dari kedua merek ini adalah, Low SUV kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Namun, meski terlahir sebagai mobil kembar yang juga dipasarkan di pasar yang sama, ternyata pencapaian penjualan keduanya terpaut yang cukup jauh.

Dalam waktu sembilan bulan Toyota Rush mampu membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 24.093 unit dengan menggenggam 40,3% pangsa pasar. Penjualan tersebut dikoleksi Toyota dari bulan Januari yang sebanyak 5.118 unit, Februari 4.079 unit, Maret 3.311 unit.

Toyota All New Rush. Salah satu mobil yang diekspor Indonesia – dok.Motoris

Kemudian dari penjualan ritel bulan April yang sebanyak 1.549 unit, Mei 1.264 unit, dan dari penjualan selama bulan Juni yang sebanyak 2.274 unit. Selain itu dari bulan Juli yang sebanyak 1.910 unit, Agustus 2.133 unit, serta dari bulan September yang sebanyak 2.455 unit.

“Sepanjang September, Rush masih menjadi penyumbang penjualan terbanyak nomor dua setelah Toyota Avanza yang sebanyak 2.691 unit, dan di atas Innova yang sebanyak 2.076 unit dan Calya yang sebanyak 1.770 unit,” tutur Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Sementara di rentang waktu yang sama, Daihatsu Terios membukukan penjualan ritel hanya sebanyak 10.888 unit. Jumlah itu, seperti dikatakan Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International–Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam keterangan resmi yang dirilis Kamis (15/10/2020), setara dengan 14,8% dari total penjualan ritel Daihatsu di sembilan pertama yang sebanyak 73.488 unit.

All New Daihatsu – dok.Motoris

Adapun penjualan ke diler (wholesales) Daihatsu Terios di kurun waktu Januari hingga September sebanyak 9.231 unit. Jumlah itu setara dengan 13,3% dari total wholesales merek tersebut selama sembilan bulan yang sebanyak 69.182 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This