Mulai Dijual, Pikap Listrik Hummer Laris Manis, Ini Keunggulannya

Mulai Dijual, Pikap Listrik Hummer Laris Manis, Ini Keunggulannya
Pikap listrik Hummer telah diluncurkan dan mulai dijual oleh General Motors - dok.Istimewa

Detroit, Motoris – General Motors Company (GM), mulai Selasa (20/10/2020) lalu telah meluncurkan sekali memulai penjualan pikap listrik Hummer, yang merupakan pikap listrik pertamanya. Mobil ini dibanderol mulai US$ 80.000 atau sekitar Rp 1,18 miliar (kurs US$ 1 = Rp 14.733,9).

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (21/10/2020), GM telah membuka pemesanan secara penuh di situs resmi perusahaan. Pikap bersumber tenaga dari setrum ini mulai diproduksi massal pada musim gugur tahun 2021 nanti.

Pernyataan resmi pabrikan yang dikutip laman Techcrunch dan CNet, Rabu (21/10/2020) menyebut, pikap ini memiliki tenaga hingga 1.000 hp dengan torsi 11.500 lb.ft.

Dengan semburan tenaga dan torsi sebesar itu, pikap tersebut mampu berakselerasi dari posisi diam atau kecepatan 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo 3 detik. Sementara, jika baterai terisi penuh, dia mampu menempuh jarak hingga 560 kilometer tanpa henti.

Pikap double cabin GMC Hummer listrik – dok.Istimewa

Keunikan juga disuguhkan GM di pikap ini, yakni roda yang fleksibel dengan berbagai medan yang disebut sebagai mode berkendara Crabwalk.Sehingga mobil bisa berjalan ke samping layaknya seekor kepiting, walhasil kemampuannya di medan off-road sangat tinggi.

Pikap yang menggunakan ban berukuran 35 inci ini juga memiliki kekhasan lain, yakni panel atap yang bisa dilepas. Bahkan sistem suspensi udara yang digunakannya, memungkinkan mobil ini ketinggian ground clearance-nya naik 6 inci.

Namun, satu hal yang perlu dicatat adalah pikap dengan banderol US$ 80.000 itu merupakan Hummer EV2 alias standar. Sedangkan versi yang lebih tinggi – Hummer EV3x – berbanderol US$100.000 atau sekitar Rp 1,47 miliar, dilengkapi tiga motor listrik dengan kemudi vector torsi.

Pikap Hummer listrik diluncurkan – dok.Istimewa

Versi ini mulai diproduksi pada tahun 2022. Pasalnya, pesanan untuknya disebut telah membeludak. Bahkan, versi pertama atau versi standar pun pemesanan telah melebihi dari kuota produksi. Meski GM tak menyebut jumlah pemesanan pikap listrik Hummer yang diterimanya.

Laman NBC News menyebut kuota unit yang dibuat pada tahun pertama telah habis terpesan dalam waktu 11 menit dari proses pemesanan online dibuka. Bahkan, 3.000 pembeli potensial harus menunggu pemesanan kembali dibuka. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This