Hingga September Baru 77.453 LCGC yang Terjual ke Konsumen

Hingga September Baru 77.453 LCGC yang Terjual ke Konsumen
LCGC Astra Daihatsu Ayla - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga September tahun ini, penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) ke konsumen (ritel) di Indonesia masih ambles dibanding pencapaian penjualan di periode sama tahun lalu. Turunnya penjualan ritel sepanjang sembilan bulan ini merupakan merupakan yang kedua kalinya setelah di Januari – September 2019 lalu, penjualan juga ambles.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di rentang Januari – September penjualan ritel LCGC di Tanah Air hanya sebanyak 83.079 unit. Jumlah ini merosot 77.453 unit dibanding penjualan ritel selama kurun waktu yang sama tahun 2019, yang masih sebanyak 160.532 unit.

Padahal, penjualan selama sembilan bulan pertama 2019 itu juga sudah mengkerut 2,5% dibanding penjualan di rentang waktu yang sama tahun 2018. Sebab, di Januari – September 2018, penjualan ritel mencapai 164.617 unit.

LCGC Honda Brio Satya – dok.Motoris

Total penjualan ritel LCGC di sepanjang tahun 2020 yang sebanyak 83.079 unit itu dibukukan dari penjualan selama Januari yang sebanyak 16.912 unit. Kemudian dari penjualan Februari sebanyak 16.341 unit, Maret 12.914 unit, dan April yang sebanyak 4.858 unit.

Selain itu, dari penjualan selama Mei yang sebanyak 3.982 unit, Juni 5.652 unit, Juli 6.693 unit, dan Agustus 7.235 unit. Penjualan selama September yang sebanyak 8.492 unit merupakan penjualan ritel terbanyak sejak April, atau sejak Indonesia dinyatakan dalam status tanggap darurat bencana wabah virus corona (Covid-19).

Kinerja Calya dan Sigra masih membara

Beberapa merek yang memasarkan LCGC – seperti Toyota, Daihatsu, Honda, dan Suzuki – juga membukukan penurunan penjualan di sembilan tersebut. Meski begitu, penjualan LCGC Toyota Calya dan Toyota Agya masih cukup oke di tengah terpaan krisis.

Begitu pula dengan Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla. Keduanya juga masih terbukti bertahan di tengah hempasan dampak Covid-19 ke ekonomi nasional.

Toyota New Calya penjualannya sepanjang tahun 2019 berada di urutan kedua dalam daftar penjualan LCGC setelah Honda Brio Satya- dok.Motoris

Toyota Calya terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 20.992 unit di periode itu, dan berhasil merebut pangsa pasar 50,6% di segmen dan kelasnya. Sementara, Toyota Agya terlego ke konsumen sebanyak 9.491 unit dengan pangsa pasar 22,6% di segmen dan kelasnya.

Adapun Daihatsu Sigra – seperti dinyatakan PT Astra Daihatsu Motor dalam keterangan resmi yang dirilis beberapa waktu lalu – selama sembilan bulan itu terjual ke konsumen sebanyak 19.918 unit. Jumlah ini setara dengan 27.1% dari total penjualan ritel Daihatsu selama periode tersebut, yang sebanyak 73.448 unit.

LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

Sedangkan Daihatsu Ayla terjual (ritel) sebanyak 9.465 unit. Jumlah ini memberi kontribusi sebesar 12,9% kepada total penjualan ritel merek tersebut. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This