Terjual Segini, Camry Kuasai 76,6% Pasar Sedan Medium RI

Terjual Segini, Camry Kuasai 76,6% Pasar Sedan Medium RI
Ilustrasi, Toyota Camry hybrid - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga September kemarin, penjualan sedan medium Toyota Camry ke konsumen (rotel) memang menurun dibanding periode sama tahun 2019, karena dampak wabah virus corona (Covid-19) ke berbagai sector termasuk ekonomi. Meski begitu, sedan ini masih menguasai pangsa pasar sedan medium di Tanah Air.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama Sembilan bulan pertama tahun ini Camry laku dibeli konsumen sebanyak 686 unit. Pesaing terkuat sedan Honda Accord ini berhasil merebut 76,6% pangsa pasar di kelasnya.

Angka penjualan ritel tersebut dibukukan pada bulan Januari sebanyak 108 unit, Februari 70 unit, Maret 163 unit, April 110 unit, dan Mei 45 unit. Kemudian dari bulan Juni 39 unit, Juli 70 unit, Agustus 52 unit, dan di bulan September sebanyak 66 unit.

Sedan Toyota All New Camry di Indonesia – dok.PT TAM

Sementara di tahun 2019 – pada rentang waktu yang sama – Camry terjual ke konsumen sebanyak 1.345 unit, dan berhasil mencengkeram pangsa pasar sebesar 75,1%. Dengan melihat perbandingan dua periode ini terlihat, meski secara volume menurun, tetapi pangsa pasar yang berhasil direbut tahun ini justeru meningkat.

Sedan Toyota Camry yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) tahun ini merupakan generasi kedelapan yang diluncurkan pada 8 Januari 2019. Ada tiga pilihan varian yang ditawarkan, yakni varian 2.5 G,kemudian 2.5 V, dan 2.5 Hybrid. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This