Januari – September, 729 Toyota Sienta Terjual ke Konsumen

Januari – September, 729 Toyota Sienta Terjual ke Konsumen
Toyota Sienta versi penyegaran atau facelift - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – MPV Toyota Sienta pertama kali menginjak pasar Indonesia pada tahun 2016, dan PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan versi terbaru (facelift) pada awal September 2019 lalu. Kini di tahun 2020 – dalam suasana sosial dan ekonomi nasional yang terbekap dampak pandemi Covid-19 – mobil ini masih membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 729 unit.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, jumlah penjualan ritel tersebut merupakan kumulatif penjualan ritel sepanjang Januari hingga September. Rinciannya penjualan di Januari sebanyak 157 unit, Februari 145 unit, Maret 104 unit, April 52 unit, Mei 45 unit, Juni 65 unit, Juli 67 unit, Agustus 50 unit, dan September sebanyak 44 unit.

Sementara penjualan atau distribusinya ke diler (wholesales) jauh lebih sedikit ketimbang angka penjualan ritel.

Tampilan belakang Toyota New Sienta – dok.Istimewa

“Karena diler juga masih berkonsentrasi menjual stok unit yang ada. Kedua, karena adanya penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Jakarta dan sekitranya maupun di daerah lain terkait dengan pandemi Covid-19, jadi distribusi juga terbatas,” ungkap kolega Motoris di diler utama Toyota saat dihubungi di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Sepanjang sembilan bulan pertama itu, wholesales Sienta tercatat sebanyak 225 unit. Jumlah ini dibukukan pada Januari sebanyak 31 unit, Februari 68 unit, Maret 65 unit, April 14 unit, Mei 4 unit, Juni 13 unit, Juli 19 unit, Agustus 6 unit, dan September 35 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This