Mitsubisi Eclipse Cross PHEV Dikabarkan Meluncur Desember

Mitsubisi Eclipse Cross PHEV Dikabarkan Meluncur Desember
Teaser beruapa siluet Mitsubishi Eclipse Cross berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle - dok.MMC

Tokyo, Motoris – Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi) disebut mulai menambah lima model baru kendaraan terlektrifikasi – terdiri dari hybrid, plug-in electric hybrid (PHEV), hingga listrik murni berbasis baterai (BEV) – mulai tahun ini. Pabrikan bertekad untuk memperbesar porsi penjualan kendaraan jenis ini menjadi setengah dari total penjualan globalnya pada tahun 2030 nanti.

Mengutip berbagai sumber, Nikkei Asian Review, Senin (2/11/2020) melaporkan saat ini kontribusi kendaraan terelektrifikasi terhadap total penjualan global Mitsubishi baru mencapai 7%. “Produsen mobil ini mempercepat langkah ke kendaraan listrik sebagai tanggapan atas aturan emisi kendaraan yang semakin kuat di seluruh dunia,” tulis media itu.

Pada Desember tahun ini, pabrikan berlambang tiga berlian itu, akan mulai kembali mengentak pasar kendaraan berteknologi sumber tenaga dari setrum. Mitsubishi disebut bakal menggelontorkan crossover Eclipse Cross berteknologi PHEV pada bulan ke-12 atau pengujung tahun ini, untuk pasar lokal Jepang terlebih dahulu.

Ilustrasi, tampilan Eclipse Cross versi konvensional dari sudut kiri samping belakang – dok.Motoris

Sementara Mitsubishi Outlander PHEV versi baru dijadwalkan meluncur kepasar dunia pada tahun fiskal 2022/2023 yang dimulai April 2022 nanti. Sedangkan Mitsubishi Xpander versi hybrid dijadwalkan menggelontor ke pasar di awal tahun fiskal 2023/2024.

Mitsubishi akan memanfaatkan kemitraan untuk memperluas jajaran model berteknologi listrik. Di Cina, perusahaan bersama mitra lokalnya – yakni Guangzhou Automobile Group- akan merilis mobil listrik pada tahun fiskal 2021.

Produsen mobil ini juga berencana untuk mengembangkan mobil listrik dengan Nissan Motor. Langkah ini merupakan bagian dari rencana besar dari aliansi tiga pabrikan, Renault-Nissan-Mitsubishi.

Sekadar informasi, Mitsubishi memang tercatat sebagai pelopor kendaraan listrik. Pada tahun 2009 lalu, pabrikan ini telah memproduksi massal mobil listrik i-MiEV, dan sekaligus menjadikannya sebagai kendaraan listrik pertama di dunia yang diproduksi secara massif

Ilustrasi, Mitsubishi Outlander PHEV merupakan SUV berpenggerak empat roda pertama berteknologi plug-in hybrid – dok.Motoris

Kemudian, pada tahun 2013, Mitsubisi memproduksi hibrida SUV Outlanderplug-in electric hybrid. Mobil ini menjadi SUV berpenggerak empat roda pertama yang mengusung teknologi PHEV.

Kini, langkah Mitsubishi untuk memperbanyak varian model terlektrifikasi menjadi penting. Terlebih, saat ini varian mobil terlektrifikasi yang dimiliki Mitsubishi – terdiri dari mobil listrik baterai dan PHEV– hanya tiga, dan Mitsubishi i-MiEV akan dihentikan produksinya di tahun fiskal sekarang ini.(Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This