Honda India Makin Kuat, Honda Indonesia Melempem Digebuk Kartel

Honda India Makin Kuat, Honda Indonesia Melempem Digebuk Kartel
Pabrik skutik Honda di Gujarat, India (IBtimes)

Jakarta, Motoris – Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) kini menjadi kontributor terbesar penjualan sepeda motor di dunia, mengalahkan PT Astra Honda Motor (AHM), yang mengurusi distribusi dan manufaktur motor Honda di negeri ini. Bahkan, HMSI kini semakin kuat, terlihat pada kontribusinya yang naik 500 basis poin (bps) menjadi 32% terhadap penjualan global Honda per September 2017.

India menggunakan tahun fiskal yang dimulai April hingga Maret. Hingga November 2017, penjualan domestik HMSI melonjak 17% menjadi 4 juta unit dan ditargetkan menyentuh 6 juta unit pada tahun fiskal ini. Pangsa pasar Honda di India mencapai 28%.

Di sisi lain, AHM membukukan penjualan sebanyak 3,6 juta unit per Oktober 2017, stagnan dari periode sama tahun lalu. Pangsa pasar Honda di Indonesia sangat superior, mencapai 75%. Namun, AHM kini terkena kasus pengaturan harga jual skutik bersama Yamaha dan telah divonis bersalah oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Dua penguasa pasar motor domestik itu didenda masing-masing Rp 25 miliar.

Kemarin, pengajuan banding AHM dan Yamaha ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara (Jakut). Dua pabrikan itu pun berniat mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Baca juga: Divonis Bersalah Lagi, Honda Ajukan Kasasi ke MA

Kembali ke India, skutik Activa 125 cc menjadi kunci pertumbuhan Honda di Negeri Bolywood itu. Berkat skutik ini pulalah posisi Indonesia sebagai pasar terbesar Honda di dunia dibabat India sejak Juni 2016. Activa adalah motor terlaris di India, menumbangkan Spendor besutan Hero Motor Corp.

“Selama 2014 hingga sekarang, pangsa pasar kami melejit 11% menjadi 32% dari sebelumnya 21%,” ujar Wakil Presiden Senior HMSI YS Guleria seperti dilansir The Financial Express, belum lama ini.

Dia menuturkan, India kini menjadi pasar penting bagi Honda Motor Corporation, yang berbasis di Jepang. Honda tak hanya menggerakkan pasar motor India, tapi juga penjualan global Honda di 120 lebih negara. Selain Activa, mesin uang Honda di India adalah skutik urban Grazia.

Honda memiliki empat pabrik di India dengan 11 lini berkapasitas produksi terpasang 6,4 juta unit per tahun. Di Indonesia, Honda memiliki lima pabrik dengan kapasitas terpasang 5,8 juta unit per tahun. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This