Ungguli MG eZS, Tata Nexon EV Kuasai Pasar Mobil Listrik di India

Ungguli MG eZS, Tata Nexon EV Kuasai Pasar Mobil Listrik di India
Tata Nexon Listrik - dok.DriveSpark

Mumbai, Motoris– Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) listrik Tata Nexon EV, sepanjang semester pertama tahun fiskal 2020/2021 – atau dari 1 April hingga 30 September tahun ini – terjual sebanyak 1.151 unit. Dengan jumlah ini, Nexon EV mencengkeram 61,4% pangsa pasar mobil listrik di India.

Seperti dilaporkan laman GaadiWaadi dan Autopunditz, Jumat (6/11/2020), pasar mobil bersumber tenaga dari setrum di India muali berdetak kencang sejak satu setengah tahun yang lalu. Kini di Negeri Sari ini ada beberapa pemain yang menggarap ceruk pasar itu.

Selain Tata Motors dengan Tata Nexon EV dan Tata Tigor EV, juga ada pabrikan asal Cina milik SAIC Motor – Morris Garage – dengan SUV MG eZS, Hyundai dengan Hyundai Kona EV, dan Mahindra & Mahindra dengan Mahindra e-Verito. “Tata Nexon EV menjadi mobil yang dengan cepat naik ke puncak grafik penjualan EV. Bahkan mobil itu telah menjadi kendaraan listrik terlaris di pasar India pada paruh pertama tahun fiskal 2020/2021 (atau dari 1 April – 30 September 2020),” tulis GaadiWaadi.

Interior Tata Nexon listrik – dok.Autocar Professional

Data yang dihimpun Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM) atau asosiasi produsen mobil India menunjukkan, di rentang enam bulan pertama tahun fiskal 2020/2021 itu, Tata Nexon EV terjual sebanyak 1.151 unit. Jumlah penjualan SUV itu juga jauh di atas MG eZS yang sebanyak 514 unit atau 27,4% dari total penjualan mobil listrik di India.

Posisi ketiga ditempati saudara Xenon EV, yakni Tata Tigor EV yang terjual 100 unit atau 5,3% dari total pasar. Sehingga jika penjualan Tigor EV dan Xenon EV digabung, maka di semester pertama itu Tata Motors menjual sebanyak 1.251 unit mobil listrik atau menguasai pangsa pasar hingga 66,7%.

Pernyataan resmi Tata Motors yang dilansir sirus resmi perusahaan, Sabtu (7/11/2020) menyebut selain keunggulan jamainan atau garansi produk, layanan purna jual, Tata Nexon EV juga memiliki keunggulan kualitas. “Tata Nexon EV merupakan mobil pertama yang didasarkan pada teknologi Ziptron EV Tata Motor. Dia dilengkapi baterai lithium-ion 30,2 kWh dengan rating IP67, yang dipasangkan dengan motor listrik synchronous magnetic tiga fase,” bunyi
pernyataan itu.

Tampilan bagian belakang Tata Nexon listrik – dok.Tata Motors

Semburan tenaga dari motor listrik mencapai 129 PS dengan torsi maksimum 245 Nm. “Pengisian daya baterai 0% – 80% hanya dalam waktu sekitar satu jam,. Sementara dari 20% hingga 100% dengan pengisi daya 15 amp biasa membutuhkan waktu kurang dari delapan jam,” kliam Tata Motors.

Hasil pengujian yang dilakukan Automotive Research Association of India (ARAI) – lembaga riset dan pengembangan otomotif India yang berdiri sejak tahun 1966 – menunjukkan, jika baterainya terisi penuh, Tata Nexon EV mampu menempuh jarak 312 kilometer. Pengisian daya untuk jarak sejauh itu hanya dalam sekali. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This