Sundul Ducati Scrambler 800, Benelli Gelontorkan Leoncino 800

Sundul Ducati Scrambler 800, Benelli Gelontorkan Leoncino 800
Benelli Leoncino 800 - dok.Istimewa via RideApart

Pesaro, Motoris – Setelah Agustus lalu memperkenalkannya di Cina, pabrikan motor asal Pesaro, Italia – yang kini telah dimilikan pabrikan asal Cina, Qianjiang Group – Benelli, kini membeberkan soesifikasi sekaligus menggelontorkan motor bergaya scrambler, Leoncino 800 ke berbagai negara di dunia. Motor berjuluk Little Lion ini disuguhkan dalam dua varian, yakni standard an trail.

Seperti dilaporkan laman RideApart dan Morebikes, Kamis (12/11/2020), perbedaan di atara kedua varian itu ada pada ban dan knalpot. Varian trail memakai ban dual purpose dan knalpot dual muffler.
Namun, secara umum, tampilan mereka sama yakni scrambler. Mulai dari tangki, setang, jok, rangka, hingga kaki-kaki serupa.

Leoncino 800 menggunakan rangka teralis baja tubular dengan tangki bensin berkapasitas 18 liter. Lampu depan berbentuk oval menggunakan LED. BEgitu pula dengan lampu belakang yang mencuatkan kesan paduan gaya lama dengan teknologi modern.

Tangki Benelli Leoncino 800 – dok.Istimewa via RideApart

Terlebih, panel instrumen sudah full digital. Panel ini menyajikan informasi trip meter, kondisi bahan bakar, jam, dan beberapa informasi lain. Peranti pengeremannya di bagian roda depan menggunakan cakram ganda Brembo 4-piston dan belakang cakram dan telah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS).

Perangkat suspensi di roda depan adalah garpu upside down 50 mm, mebemani velg 17 inci dengan ban berukuran 170. Sedangkan di bagian belakang monoshock yang dapat diatur yang mencengkeram velg 17 inci yang berbalut ban berukuran 180.

Benelli Leoncino 800 dibekali mesin 754 cc dua silinder segaris DOHC yang menghasilkan tenaga hingga 76 hp dengan torsi 67 Nm. Tenaga disalurkan ke roda menggunakan dengan girboks 6 tingkat percepatan.

Benelli Leoncino 800 Trail – dok.Istimewa via Rideapart

Pabrikan memastikan, proses desain motor ini dilakukan para desainer Benelli di Pesaro Italia, dan sejak diperkenalkan pertama kali di hajatan EICMA 2019 lalu telah mendapatkan reson postif dari penggila motor dunia. Sedangkan proses produksi dilakukan di pabrik milik Qianjiang Motorcycles yang berada di Winling, Zhejiang, Cina.(Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This