Januari – September Penjualan Ritel Isuzu Elf Ambrol 37,9%

Januari – September Penjualan Ritel Isuzu Elf Ambrol 37,9%
Trukringan Isuzu Elf yang dipasarkan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga September lalu penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih – baik kendaraan penumpang maupun komersial – merek Isuzu yang dijajakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 12.116 unit. Salah satu model andalannya, Isuzu Elf, di sepanjang periode itu penjualannya ambrol 37,9%.

Meski demikian, seperti dikatakan Marketing Communication PT IAMI, Puti Annisa Moeloek dalam diskusi virtual, yang digelar di Jakarta, Jumat (13/11/2020), Isuzu Elf masih menjadi kontributor penjualan terbanyak bagi Isuzu Motor Indonesia. Model ini ditawarkan dalam chassis yang bisa diaplikasi dalam dua varian yakni truk ringan dan mikrobus.

“Kontribusi penjualan terbesar masih dari Isuzu Elf, dengan total penjualan year to date (Januari – September) 5.935 unit. Walau dibandingkan dengan (penjualan) tahun lalu, penurunan Isuzu Elf cukup besar, yakni 37,9%. Kontribusi terbesar kedua dari Isuzu Traga yakni 4.286 unit year to date September 2020, Isuzu Traga bisa dikatakan tidak mengalami penurunan cukup berarti,” papar Puti.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menujukkan, total penjualan ritel Isuzu di periode sembilan bulan pertama tahun ini, sebanyak 12.116 unit. Jumlah ini ambrol 31,5% dibanding penjualan ritel sepanjang Januari – September tahun lalu, yang sebanyak 17.688 unit.

Ilustrasi, perkenalan Isuzu Elf NMR 81 diyakini bakal membetot perhatian kalangan pebisnis – dok.Motoris

Sementara penjualan unit atau distribusi unit ke diler (wholesales) di kurun waktu yang sama – di tahun 2020 ini – tercatat sebanyak 10.899 unit dengan perolehan market share sebesar 2,9%. Jumlah tersebut ambrol 37,9% dibanding wholesales pada rentang waktu yang sama tahun 2019, yang masih sebanyak 17.557 unit.

Fakta data juga menunjukkan, total penjualan ritel truk dari berbagai kategori dan merek di Tanah Air sepanjang Januari – September tahun ini terperosok hingga 49%. Jika di tahun lalu masih sebanyak 65.466 unit, tahun ini hanya 33.142 unit. (Fik/Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This