Pekan Depan Toyota Luncurkan SUV Listrik Lexus UX300e di RI

Pekan Depan Toyota Luncurkan SUV Listrik Lexus UX300e di RI
Lexus UX300e, SUV listrik baterai besutan Lexus - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) SUV Lexus UX300e pada pekan depan atau pekan keempat November 2020. Indonesia akan menjadi negara pertama yang meluncurkan SUV listrik Lexus tersebut, setelah mobil itu diluncurkan di Cina saat hajatan Guangzhou Auto Show 2019, November 2019 lalu.

“Peluncuran akan dilakukan pada tanggal 25 atau 26 November pekan depan. Dan Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkannya (Lexus UX300e), di Jepang saja baru diluncurkan Januari 2021. Jadi, kehadiran kendaraan ini diharapkan menjadi trigger bagi strategi kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia. Segmen kelas atas dibidik karena harga mobil listrik masih sangat mahal di kita (Indonesia),” papar sumber di internal Toyota Indonesia, saat dihubungi Motoris di Jakarta, Rabu (18/11/2020) pagi.

Sementara, Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy meski tak menyebut secara pasti model Lexus yang bakal diluncurkan pekan depan itu, namun dia juga menyebut pada pekan depan akan ada peluncuran BEV Lexus. Menurutnya, Lexus disodorkan karena konsumen di pasar mobil mewah, merupakan segmen yang paling siap menerima mobil BEV.

Tampilan belakang Lexus UX300e – dok.Istimewa

“Dan kita mulai BEV ini dari Lexus, karena customer segmen premium ini yang paling siap. Sebab dari sisi harga (mobil BEV) belum affordable,” kata Anton saat konferensi pers virtual tentang perkembangan elektrifikasi Toyota di Indonesia, yang digelar di Jakarta, Rabu (18/11/2020) sore.

Toyota Astra Motor, sebut Anton, sejak tahun 2009 telah secara bertahap menghadirkan teknologi elektrifikasi bagi sarana mobilitas masyarakat di Indonesia. Dan sebagai kelanjutan dari upaya itu, hingga kini Toyota berusaha untuk menghadirkan model-model yang berharga terjangkau alias affordable.

“Karena komitmen kami adalah membantu mobilitas masyarakat termasuk dengan teknologi elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kesiapan masyarakat. Oleh karena secara step by step kita akan kembangkan terus ragam teknologi ekektrifikasi sehingga harganya lebih affordable,” kata dia.

Interior Lexus UX300e- dok.Istimewa

Sementara saat dihubungi, Anton menampik langkah Toyota Indonesia yang saat inimenghadirkan BEV itu karena silau atau “kebakaran jenggot” oleh langkah merek lain – khususnya Hyundai Motor – yang telah menggelontorkan dua varian mobil listrik di Indonesia, yakni Hyunda Kona listrik dan Hyundai Ioniq listrik.

“Bukan karena itu, tetapi memang kami memiliki strategi yang tahap demi tahap. Karena kalau kita lihat, Toyota sudah menghadirkan mobil berteknologi elektrifikasi pada 10 tahun lalu lebih dengan Prius hybrid, kemudian Camry PHEV, Alphard hybrid, Toyota C-HR hybrid, dan terakhir Corolla Cross hybrid. Jadi semua itu kita hadirkan secara bertahap agar customer mendapat pilihan yang beragam dan lengkap,” papar dia.

Skema sistem penempatan baterai Lexus UX300e- dok.Istimewa

Adapun Lexus UX300e adalah SUV listrik yang menggunakan baterai lithium ion 54,3 kWh. Semburan tenaga dari motor listriknya mencapai 201 hp dan jika baterai terisi penuh dapat menempuh jarak sejauh 400 kilometer sesuai dengan standar NEDC. “TAM nantinya menjualan BEV Lexus itu secara ritel di Indonesia, sebagai bagian dari melayani sarana mobilitas masyarakat berteknologi elektrifikasi,” ucap Anton.

Bahkan dalam upaya memasyarakatkan mobil elektrifikasi, TAM juga akan memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat agar semakin terbiasa dan kenal dengan teknologi ini. “Kami juga tengah bekerjasama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism (penggunaan mobil listrik di area tertentu) di kawasan Nusa Dua Bali,” ujar Anton.

Langkah itu, lanjut dia, merupakan bagian dari komitmen Toyota Indonesia dalam menyediakan sarana mobilitas masyarakat berteknologi elektrifikasi. Selain itu, sebagai bukti nyata dukungan Toyota terhadap program pemerintah dalam mewujudkan pemasyarakatan kendaraan yang rendah emisi karbon (LCEV) di Tanah Air.(Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This