Kepentok Standar Euro 5 Produksi Yamaha YZF-R6 Diakhiri

Kepentok Standar Euro 5 Produksi Yamaha YZF-R6 Diakhiri
Yamaha YZF-R6 berkelir Blue Studio model 2020 - dok.Yamaha Motor

California, Motoris – Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha Motor, akan menghentikan produksi motor sport Yamaha YZF-R6, dan model tahun 2020 menjadi model pamungkas. Pabrikan berlambang garputala itu belum memberikan penjelasan tentang pengganti dari motor yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 itu.

“Pada bagian akhir siaran pers Yamaha Amerika menyampaikan kabar yang kurang bahagia. Yamaha mengumumkan bahwa YZF-R6 model 2020 menjadi model terakhir, karena model tersebut akan dihentikan di Amerika Serikat dan Eropa,” tulis laman Cycle News mengutip siaran pers Yamaha Motor Amerika Serikat, Rabu (18/11/2020).

Selain Yamaha YZF-R6, pabrikan juga akan menghentikan produksi Yamaha VMAX, WR250R, dan Yamaha SMAX. Hanya, tak disebutkan alasan penghentian produksi motor-motor tersebut.

Meski, tak menutup kemungkinan versi non homologasi alias unit-unit yang khusus untuk balapan di trek masih akan dibuat. Namun, untuk penggantinya, Yamaha belum memberikan informasi yang pasti.

Ilustrasi, pengendara Yamaha YZF-R6 – dok.Yamaha Motorsports

“Yamaha memahami sejarah ikonik model ini. Mengenai masa depan, Yamaha terus mencari ide dan konsep baru untuk mendukung dan memperluas pasar, serta meningkatkan pengalaman pelanggan kami,” bunyi siaran pers tersebut seperti dikutip laman Motorcycle, Rabu (18/11/2020).

Sejumlah sumber-sumber di internal Yamaha Amerika Serikat maupun Eropa seperti dilaporkan Roadracing, Rabu (18/11/2020) menyebut, penghentian produksi itu karena terkait dengan aturan emisi gas buang. Aturan standar emisi Euro5 yang ketat di Amerika Serikat dan Eropa menjadikan Yamaha tak bisa lagi mengirimkan Yamaha YZF-R6 ke diler untuk dijual ke konsumen.

Terlebih, kinerja penjualannya juga tak lagi mencorong seperti dulu. Laman Visordown, Rabu (18/11/2020) menyebut kini penjualan Yamaha YZF-R6 tak sekinclong pada saat awal-awal diluncurkan, yakni dari 1999 – 2000-an. Apalagi, banyak konsumen yang melihat kapasitas mesin yang diusung besarannya tanggung, di tengah tren menuju mesin 1.000 cc. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This