SUV Listrik Lexus UX300e Meluncur 25 November, RI Pertama di ASEAN

SUV Listrik Lexus UX300e Meluncur 25 November, RI Pertama di ASEAN
SUV listrik murni atau BEV Lexus UX300e - dok.Toyota

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) bersama divisi merek mewah milik Toyota – Lexus – dipastikan menghadirkan Sport Utility Vehicle (SUV) listrik murni (Battery Electric Vehicle) Lexus UX300e pada Rabu (25/11/2020) pekan depan, siang hari. Dengan peluncuran ini, Indonesia menjadi negara di Asia Tenggara yang meluncurkan SUV bersumber tenaga dari setrum itu.

“Dipastikan, peluncuran pada hari Rabu tanggal 25 November 2020, waktunya siang hari setelah makan siang. Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkannya. Karena peluncuran dan penjualan baru dilakukan di Cina dan Eropa awal tahun 2020, lalu Jepang baru Januari 2021. Ini gebrakan Toyota di segmen mobil elektrifikasi di Indonesia,” ujar kolega Motoris di Toyota Indonesia saat dihubungi di Jakarta, Kamis (19/11/2020) sore.

Pernyataan ini diperkuat oleh undangan yang dikirim ke redaksi Motoris, Kamis (19/11/2020). Electrify Your Drive..”The Southeast Asia Premiere of the First-ever All Electric Lexus” bunyi tajuk undangan tersebut. Peluncuran dilansungkan pada Rabu (15/11/2020) pukul 13.00 WIB secara virtual melalui platform digital.

Lexus UX300e adalah SUV listrik yang menggunakan baterai lithium ion 54,3 kWh. Motor listriknya model 4K yang menyemburkan tenaga hingga 201 hp dengan torsi maksimum 300 Nm. Jika baterai terisi penuh dapat menempuh jarak sejauh 400 kilometer sesuai dengan standar NEDC.

Lexus UX300e, SUV listrik baterai besutan Lexus – dok.Istimewa

Mobil ini dilengkapi dengan fitur Mode Drive UX 300 yang memungkinkan pelanggan mengelola akselerasi dan perlambatan laju secara mulus sesuai dengan situasi. Dalam pernyataan resmi yang dilansir laman resmi pabrikan, beberapa waktu lalu, UX300e disebut memiliki kinerja dinamis yang sangat baik berkat pusat gravitasi rendah

Hal itu bisa terjadi karena penempatan motor dan baterai di bawah bodi kendaraan, yang dikombinasikan dengan distribusi bobot depan/ belakang yang dioptimalkan. SUV yang menggunakan platform GA-C ini juga mendapatkan pengoptimalan gaya redaman pada perangkat shockbreaker-nya karena disesuaikan perubahan dinamis elektrifikasi.

Terlebih, Lexus juga menambahkan sistem isolasi yang mampu meredam kebisingan dari luar kabin. “Fokus Lexus pada manajemen suara memungkinkan pengemudi menikmati ketenangan yang nyaman di dalam kabin,” bunyi keterangan Lexus.

Skema sistem penempatan baterai Lexus UX300e- dok.Istimewa

Para insinyur pabrikan juga memberinya Active Sound Control (ASC) untuk mentransmisikan suara ambien alami. Sehingga memungkinkan pemahaman tentang kondisi berkendara sekaligus memberikan perasaan alami bagi penghuni kabin.

SUV dengan kapasitas lima penumpang ini memiliki dimensi panjang 4.495 milimeter (mm), lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.545 mm. Jarak sumbu rodanya, 2.640 mm.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, meski tak menyebut modelnya secara tegas, namun memastikan pihaknya segera meluncurkan mobil listrik murni (BEV) Lexus itu. Anton mengatakan TAM berencana meluncurkan kendaraan BEV melalui brand Lexus, yang nantinya akan dijual secara ritel.

Interior Lexus UX300e- dok.Istimewa

“Setelah sebelumnya kami menghadirkan hybrid electric vehicle dan plug-in hybrid electric vehicle, kami TAM akan melengkapinya dengan menghadirkan teknologi BEV, Dan model pertama dari brand Lexus,” kata dia dalam konferensi pers virtual tentang perkembangan teknologi elektrifikasi Toyota di Indonesia, yang digelar Rabu (18/11/2020).(Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This