Fortuner Makin Tak Terbendung Kuasai Pasar, Hingga Oktober Laku 8.811 Unit

Fortuner Makin Tak Terbendung Kuasai Pasar, Hingga Oktober Laku 8.811 Unit
Toyota New Fortuner saat dites melalui lintasan tergenang air - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Mobil Sport Serbaguna (SUV) ladder frame Toyota Fortuner hingga bulan kesepuluh atau Oktober tahun ini masih bercokol sebagai penguasa pasar di segmennya, setelah membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 1.011 unit. Sehingga, secara kumulatif dari Januari hingga Oktober total penjualan ritel yang dibukukannya mencapai 8.811 unit.

Menanjaknya penjualan ritel Fortuner di bulan Oktober, menurut Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, selain dikarenakan banyak konsumen yang mengakui keunggulan SUV ini, juga karena hadirnya versi anyar alias versi facelift. Versi paling anyar itu diluncurkan TAM pada 15 Oktober.

“Faktor model baru memberikan dampak yang signifikan terhadap demand. Apalagi, kalau kita lihat trennya, menjelang kehadiran versi facelift, permintaan dari customer juga menurun di bulan September. Tetapi, di Oktober naiknya sangat tinggi,” kata saat dikonfirmasi usai konferensi pers virtual Toyota Indonesia yang digelar di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Toyota New Fortuner dibanderol mulai Rp 504,9 juta on the road Jakarta – dok.Istimewa

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan ritel Fortuner sepanjang Januari sebanyak 1.326, Februari 1.554 unit, Maret 1.130 unit, April 400 unit, dan Mei yang sebanyak 465 unit. Kemudian di bulan Juni yang sebanyak 719 unit, Juli 778 unit, Agustus 788 unit, September 640 unit, serta Oktober 1.011 unit.

Jumlah penjualan ritel di Oktober ini juga menjadi pemecah rekor penjualan sejak April hingga September yang mulai “terhuyung” diterpa dampak pandemic Covid-19. Meski, jumlah tersebut masih belum mengungguli atau bahkan menyamai angka penjualan di bulan-bulan sebelum Covid-19 menerpa negeri ini.

Tetapi yang pasti, SUV high Toyota itu masih mengungguli para pesaingnya. Fakta berbicara, sepanjang Januari – September saja, Fortuner terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 7.800 unit. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport 5.363 unit, dan Nissan Terra (sampai dengan Agustus (yang tercatat) penjualan ritelnya hanya 1.003 unit, dan Isuzu MU-X hingga September terjual hanya 88 unit.

Interior New Fortuner – dok.PT TAM

Bahkan tak hanya dalam penjualan ke konsumen, di penjualan atau distribusi ke diler (wholesales) pun, Fortuner juga masih jauh lebih unggul. Sepanjang Sembilan bulan pertama itu, wholesales Fortuner sebanyak 6.894 unit, Mitsubishi Pajero Sport 5.708 unit, dan Isuzu MU-X hanya 16 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This