Hanya Gegara Label Standar Tak Tertempel, 15 Toyota Hilux Di-recall

Hanya Gegara Label Standar Tak Tertempel, 15 Toyota Hilux Di-recall
Toyota Hilux versi terbaru yang di Australia dijual mulai akhir Agustus 2020 - dok.Istimewa via Carscoops

Sidney, Motoris – Australia dikenal sebagai salah satu negara maju di dunia yang ketat dalam standar keamanan maupun keramahan terhadap lingungan dari sebuah mobil, bahkan dalam yang yang kecil sekali pun. Terbukti, hanya gara-gara label yang menyatakan bahwa mobil yang bersangkutan telah sesuai dengan standar nasional, Toyota New Hilux di negeri itu harus ditarik kembali (recall).

Seperti dilaporkan laman Car Advice dan Carscoops, Sabtu (21/11/2020) hanya gara-gara persoalan sepele itu, 15 pikap medium Toyota (yang diproduksi 1 Juni 2020 dan 4 Agustus 2020) itu harus d-recall dan kemudian dinyatakan telah lolos standard an ditempeli lagi label yang dimaksud. “Semestinya, label itu telah dipasang di pelabuhan, ketika mobil tersebut datang, saat diimpor,” bunyi penjelasan Toyota Australia.

Toyota mengaku akan menghubungi pemilik kendaraan itu baik melalui tele[on atau surat elektronik pribadi milik mereka untuk datang bersama kendaraannya ke diler terdekat. Pemasangan label diperkirakan hanya butuh waktu 30 menit atau bahkan kurang dari itu.

Interior Toyota New Hilux yang dipasarkan di Australia – dok.Istimewa via Carscoops

Pikap Toyota Hilux anyar mulai dijual di negara tersebut pada akhir Agustus lalu dan disuguhkan dalam lima varian. Mereka adalah WorkMate, SR, SR5, Rogue, dan Rugged X dan dibanderol mulai AU$ 29.000 hingga AU$ 74.000 atau sekitar Rp 300,35 juta hingga Rp 766,42 juta (kurs AU$ 1 = Rp 10.357).

Toyota Hilux merupakan mobil terlaris di Australia, bahkan hingga kini. Data yang dari ASosiasi Diler Mobil Australia yang dilansir laman Focus2move, belum lama ini menunjukkan, sepanjang Januari – September kemarin, Hilux masih berada di urutan pertama, sedangkan pesaingnya yakni Mitsubishi Triton berada di urutan ketujuh.

Rincian penjualan dari urutan satu hingga ketujuh adalah sebagai berikut: Toyota Hilux dengan penjualan sebanyak 30.122 unit, Ford Ranger sebanyak 28,231 unit, dan Toyota Rav4 – 27.111 unit.

Toyota New Hilux di pasar Australia. Di Negeri Kanguru ini, Hilux merupakan mobil terlaris, bahkan sampai periode Januari – September 2020 – dok.Istimewa via Carscoops

Kemudian di urutan keempat ada Toyota dengan penjualan sebanyak 18,649 unit, Mazda CX-5 sebanyak 15,595 unit, Hyundai i30 sebanyak 15.260 unit. Berada di urutan ketujuh, Mitsubishi Triton membukukan penjualan sebanyak 14.072 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This