Hingga Oktober Penjualan Ritel Suzuki XL 7 Masih di Bawah Xpander Cross

Hingga Oktober Penjualan Ritel Suzuki XL 7 Masih di Bawah Xpander Cross
Peluncuran Suzuki XL7 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan Low SUV di Indonesia sepanjang Januari hingga Oktober juga masih diwarnai tren melorot dibanding tahun lalu. Low SUV Toyota Rush tercatat masih mendominasi segmen pasar tersebut meski total volumenya di bawah tahun lalu.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama sepuluh bulan pertama tahun ini, total penjualan Toyota Rush ke konsumen (ritel) sebanyak 26.583 unit. Penjualan ini unggul jauh dibanding angka penjualan riitel – Januari hingga Oktober – yang dikoleksi oleh saudara kembarnya Daihatsu Terios, yang sebanyak 11.891 unit.

Namun yang menarik adalah, kinerja penjualan dua SUV – yang oleh Agen Pemegang Merek (APM) penjajanya disebut sebagai medium SUV – yakni Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) meluncurkan secara resmi Xpander Cross pada 12 November 2019, dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelontorkan Suzuki XL7 pada 15 Februari 2020.

Mitsubishi Xpander Cross – dok.Motoris

Kini fakta berbicara, di rentang Januari hingga Oktober tahun ini, total penjualan ritel Xpander Cross sebanyak 8.707 unit. Sedangkan Suzuki XL 7, pada saat yang sama membukukan penjualan sebanyak 6.232 unit.

“XL7 juga berhasil menarik minat konsumen sehingga mampu berkontribusi 15% terhadap wholesales dan 11% terhadap penjualan ritel Suzuki tahun ini,” kata 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (22/11/2020).

Sekadar informasi, total penjualan ritel merek Suzuki sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini menurut data Gaikindo, sebanyak 56.652 unit. Sedangkan penjualan – atau distribusi – ke diler (wholesales) di kurun waktu yang sama sebanyak 50.045 unit.

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia 15 Februari 2020 – dok.Motoris

Sementara di bulan Oktober saja, penjualan ritel Suzuki XL 7 tercatat sebanyak 629 unit atau 11% dari penjualan ritel seluruh mobil Suzuki di bulan itu yang sebanyak 5.715 unit. Sedangkan di bulan yang sama, penjualan ritel Xpander Cross 730 unit, dan Toyota Rush mencapai 2.490 unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This