Kawasaki Hidupkan Kembali Motor Lawas Meguro

Kawasaki Hidupkan Kembali Motor Lawas Meguro
Tampilan samping kanan dan belakang Kawasaki Meguro K3 - dok.Istimewa via Paultan.org

Tokyo, Motoris – Pabrikan otomotif Kawasaki menghidupkan kembali sepeda motor lawas Meguro K, dengan nama Meguro K3. Model anyar Meguro tersebut dibangun dengan basis Kawasaki W800.

Seperti dilaporkan laman Paultan, Senin (23/11/2020), Meguro anyar itu memiliki keunikan khas dibanding dengan basisnya tersebut. Meguro K3 mengusung mesin parallel-twin berkubikasi 773 cc, dan berpendingin udara.

Semburan tenaganya 52 PS pada 6.500 rpm dengan torsi 62 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga disalurkan ke roda menggunakan transmisi lima tingkat percepatan yang diimbuhi fitur assist & slipper clutch.

Motor dengan bobot 227 kilogram dan bertangki bahan bakar 15 liter ini diberi velg berukuran 19 inci di bagian depan dan 18 inci di bagian belakang. Garpu teleskopik 41 mm dipakai sebagai perangkat suspensi depan dan shockbreaker ganda di roda belakang.

Ilustrasi, pengendara Kawasaki Meguro K3 – dok.Istimewa via Paultan.org

Di Jepang, Meguro K3 dibanderol 1,27 juta yen atau sekitar Rp 173,2 juta (kurs 1 yen = Rp 136,39). Hanya, hingga kini belum ada informasi kemana saja Meguro anyar ini bakal dipasarkan di luar Jepang.

Sekadar informasi, nama motor Meguro telah ada sejak tahun 1930-an, dan cukup berpengaruh di pasar sepeda motor Jepang. Pabrikan pembuatnya adalah Meguro Manufacturing Co, yakni perusahaan yang didirikan pada 1937 oleh dua sekawan, Hobuji Murato dan Takaji Suzuki.

Motor pertama yang dibuatnya adalah Meguro Z97 bermesin 500 cc, OHV, silinder tunggal. Motor itu disebut-sebut sebagai kembaran motor Motosacoche JubilZe 500 c yang dibuat oleh pabrikan asal Swiss.

Kawasaki Meguro K3 – dok.Istimewa via Paultan.org

Namun, ketika Perang Dunia II berkecamuk, bisnis pabrikan tersebut ludes yang mengakibatkan operasi perusahaan berhenti. Dia mulai bangkit lagi pada tahun 1950. Kala itu – sebagai langkah awal – Meguro meluncurkan sepeda motor balap bermesin inline-twin 651 cc.

Sebagai model perdana penjualannya cukup lumayan, kenadti tak semengkilap model Meguro pertama dan kedua yang dilansir tahun 1930-an. Meguro tak ciut nyali. Asa kembali dibangkitkan pada tahun 1958 dengan menggelontorkan sejumlah model anyar mulai dari yang bermesin 50 cc hingga 500cc digelontorkan ke pasar.

Hanya sayang, penjualannya justeru ambles. Perusahaan pun lunglai karena kesulitan keuangan. Manajemen berupaya mendapatkan suntikan dana segar, hingga pada tahun 1962 Kawasaki mengulurkan tangan. Meski, saham kepemilikan terbesar pabrikan beralih ke tangan Kawasaki.

Kendati begitu, nama Meguro hanya berkibar hingga tahun 1969-an di pasar kendaraan bermotor roda dua dunia. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This