Sudah Hadir di Thailand, Akankah Honda City Hatchback Meluncur di RI?

Sudah Hadir di Thailand, Akankah Honda City Hatchback Meluncur di RI?
All New Honda City Hatchback - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Honda Motor di Thailand atau Honda Automobile Co., Ltd, Selasa (24/11/2020) kemarin resmi meluncurka dua model anyar di kelaurga Honda City, yakni All New Honda City Hatchback dan New Honda City e:HEV. Model hatchback itu dibekali mesin 1.0 liter tiga silinder yang telah berstandar Euro 5 dengan emisi CO2 yang diklaim hanya 100 gram/kilometer.

Siaran pers Honda Thailand, Selasa (24/11/2020) menyebut mesin 12 valve, DOHC VTEC Turbo itu mampu menghasilkan tenaga hingga 122 PS pada 5.500 rpm dengan torsi 173 Nm pada 2.000 rpm – 4.500 rpm. Semburan tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi CVT.

Secara tampilan, paras hatchback ini memiliki kemiripan dengan wajah Honda city versi sedan. Terutama pada lampu depan, grill, kap mesin, hingga bumper. Sedangkan bagian belakang tentu berbeda, karena hatchback tak memiliki buntut.

All New Honda City Hatchback – dok.Istimewa

Hatchback ini ditawarkan dalam tiga tipe yakni S+ dibanderol 599.000 baht atau sekitar Rp 279 juta (kurs 1 baht = Rp 465,94). Kemudian tipe SC yang berbanderol 675 juta atau sekitar 315 juta, dan tipe RS yang dihargai 749.000 atau Rp 350 juta.

Salah satu fitur unggulan yang disajikan adalah Honda Connect, yang yang merupakan teknologi komunikasi antara pengemudi atau pengguna mobil dengan mobil melalui aplikasi smartphone. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah, head unit dengan layar sentuh berukuran 8 inci yang terintegrasi ke dashboard, kontrol sistem AC, power outlet, USB ports, dan beberapa fitur lainnya.

Lantas yang menjadi pertanyaan di publik adalah, apa beda antara Honda City Hatchback dengan Honda Jazz? Laman Siam Auto menyebut Honda City Hatchback berbeda dengan All New Honda Jazz yang yang diluncurkan oleh Honda di hajatan Tokyo Motor Show 2019 lalu.

All New Honda City Hatchback yang diluncurkan di Thailand 24 November 2020 – dok.Istimewa

“Honda sepertinya tidak mengarahkan Honda Fit baru (Honda Jazz terbaru yang diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019) itu untuk pasar Asia Tenggara, termasuk Thailand. Honda menyodorkan Honda City hatchback,” tulis media itu.

Honda City hatchback menggunakan basis yang sama dengan All New Honda City turbo yang telah diluncurkan di Thailand, sementara Honda Jazz berbasis yang sama dengan Honda City sedan. Namun, meski basis keduanya mirip, namun segmen pasar yang dibidik berbeda.

Untuk pasar Indonesia

Lantas, akankah Honda City hatchback itu juga dihadirkan di Indonesia? Belum ada informasi secara resmi dari PT Honda Prospect Motor (HPM) apakah iya atau tidak. Tetapi yang pasti, dalam konferensi pers secara virtual yang digelar di Jakarta, Senin (16/11/2020) lalu, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, menyebut Honda Jazz terbaru yang diluncurkan di Jepang di pengujung tahun 2019 lalu itu, untuk pasar Jepang.

Dia menegaskan, di pasar Indonesia karakter dan DNA hatchback yang sporty sangat penting. “Tentunya DNA Sporty yang melekat pada Honda Jazz harus diperhatikan. Kita model hatchback ke depan DNA Sporty yang melekat itu model apa? bisa saja model baru,” kata dia.

Tampilan eksterior Honda Jazz Honda Fit) Crosstar yang diluncurkan di hajatan Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris[/captio

Sementara itu, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, kinerja Honda Jazz di pasar mobil Tanah Air berada di tren penurunan dalam beberapa waktu terakhir. Sepanjang tahun 2019 lalu misalnya, distribisi ke diler (wholesales) hanya 12.168 unit, turun signifikan dibanding tahun 2018 yang masih sebanyak 14.270 unit.

Angka penjualan ke konsumen (ritel) sepanjang tahun 2019 sebanyak 12.361 unit. Sementara wholesales selama semester pertama (Januari – Juni) tahun ini, hanya 3.294 unit.

Adapun angka penjualan yang terekam pada Januari sebanyak 1.158 unit, Februari 893 unit, Maret 820, Juni 293 unit, Juli 434 unit, Agustus 534 unit, September 328 unit, dan Oktober 502 unit. (Fan/Rds/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This