Meluncur di RI, Mobil Listrik Lexus UX300e Dibanderol Rp 1,24 Miliar

Meluncur di RI, Mobil Listrik Lexus UX300e Dibanderol Rp 1,24 Miliar
Lexus UX300e - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Toyota melalui Lexus Indonesia, hari ini, Rabu (25/11/2020) resmi meluncurkan mobil listrik baterai (BEV) pertama Lexus – yakni Lexus UX300e – dengan banderol Rp 1,245 miliar on the road Jakarta. Peluncuran ini bukan hanya menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di kawasan Asia Tenggara (Asean) yang menjual mobil tersebut, tetapi juga mendahului Jepang.

Sebab, di Jepang, Lexus UX300e yang pertama kali diluncurkan di hajatan Guangzhou Auto Expo 2019, baru dipasarkan pada awal tahun 2021 nanti. Sedangkan di Cina dan Eropa dijajakan pada akhir tahun 2019 .

“Lexus Indonesia dengan bangga mempersembahkan kendaraan full bertenaga listrik pertama di Indonesia yaitu Compact Luxury Crossover Lexus UX 300e. Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia terutama untuk para Lexus Enthusiasts yang sangat environmentally conscious,” papar General Manager Lexus Indonesia, Meinisa, saat peluncuran secara virtual mobil tersebut di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

SUV listrik murni atau BEV Lexus UX300e – dok.Toyota

Mobil ini, kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dikembangkan dengan basis SUV Lexus UX dengan memadukan ketangguhan dan kenyamanan dalam berkendara oleh Lexus Takumi. Tim yang dipimpin Chief Engineer, Takashi Watanabe menyempurnakan karakteristik UX dan memadukannya dengan drivetrain elektrik.

Lexus UX 300e dikembangkan dari basis compact crossover SUV Lexus UX yang memadukan ketangguhan dan kenyamanan dalam berkendara. Lexus Takumi yang dipimpin Takashi Watanabe sebagai Chief Engineer menyempurnakan karakteristik UX dan menyandingkannya dengan drivetrain elektrik untuk meningkatkan performa dan mencapai efisiensi terbaik.

Lexus UX 300e menggunakan motor listrik berkapasitas 54,3 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 HP dan torsi puncak 300 Nm. Baterai jenis Lithium-ion menyokong mobil ini untuk mampu menempuh jarak 300 kilometer (km) dalam sekali isi daya listrik.

Skema sistem penempatan baterai Lexus UX300e- dok.Istimewa

Untuk pengisian dayanya, Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan AC Wall Charger yang dapat dapat dipasang di sumber listrik, bahkan di stop kontak dinding standar di rumah.

Selain mengisi daya di rumah, pengisian daya baterai Lexus UX 300e dapat dilakukan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum yang disediakan oleh PT Perusahaan Listrik Negara. Adapun Lokasi pengisian daya baterai bisa dilihat di aplikasi Charge.in.

Kemudahan pengguna
Lexus mengklaim, mobil listriknya ini menyuguhkan interior yang bertema Human-Centered Cockpit. Ini diwujudkan dalam penempatan jok dan fitur-fitur berkendara yang terfokus kepada pengemudi dan penumpang, agar mereka mudah mengoperasikannya.

Merek mewah milik Toyota ini juga membekalinya dengan audio switch yang terintegrasi dan berada di arm rest sehingga memudahkan kontrol sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System plus Center Display berukuran 10,3 inci.”Perangkat multimedia telah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto penunjang berkendara,” ujar Anton Jimmi Suwandy.

Fitur penunjang keamanannya menggunakan Lexus Safety System+ yang merupakan teknologi active safety yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan. Sistem tersebut memiliki empat fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Lexus Indonesia memberikan garansi secara komplit delapan tahun tanpa batas kilometer, termasuk perlindungan baterai. Selain itu memberikan fasailitas servis gratis hingga lima tahun dan suku cadang tanpa batas kilometer. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This