Skutik Listrik dan Skutik Adventure Kymco Mulai Gedor Pasar Dunia

Skutik Listrik dan Skutik Adventure Kymco Mulai Gedor Pasar Dunia
Kymco F-9 - dok.Kymco

Taipei, Motoris – Pabrikan motor kondang asal Kaohsiung, Taiwan – Kwang Yang Motor Company alias Kymco – Kamis (26/11/2020) ini menggedor pasar kendaraan bermotor dunia. Kymco meluncurkan secara resmi tiga skutik baru, satu di antaranya merupakan skutik listrik yakni Kymco F9 yang bergaya racy sport, dan dua lainnya Kymco DT X360 berkonsep Adventure Crossover dan Kymco KRV yang merupakan skutik maxi pesaing Honda PCX dan Yamaha NMAX.

Chairman Kymco Group, Allen Ko, mengatakan tiga varian skutik yang disajikan tersebut merupakan bukti betapa Kymco telah memahami perbedaan kebutuhan sepeda motor pada diri konsumen. Sebab, lanjut dia, ketiganya merupakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masayarakat sehari-hari dalam berkendara.

Begitu pun dengan skutik listrik. “Kendaraan listrik menjadi kendaraan yang sangat signifikan di era modern saat ini. Baik konsumen, pebisnis atau pemerintah kendaraan listrik menjadi pilihannya, karena kendaraan listrik bisa menjadikan dunia menjadi lebih baik,” ujar Allen saat peluncuran secara virtual melalui kanal YouTube resmi pabrikan yang digelar Kamis (26/11/2020) sore.

Tampilan bagian belakang Kymco F9 – dok.Kymco

Kymco F9 yang merupakan skutik listrik single seat, menggunakan motor listrik 9.4kW dengan baterai baterai 96V 40Ah memiliki tenaga 12,8 hp dengan torsi hingga 30 Nm. Dia mampu berakselerasi dari 0-50 kilometer/jam (kpj) hanya dalam tempo 3 detik. Kecepatan maksimumnya mencapai 110 kpj.

Pengecasan baterai hingga penuh cukup dua jam. Jika baterai terisi penuh, skuter ini sanggup diajak berjalan menempuh jarak 120 kilometer.

Sementara, Kymco DT X360 merupakan skuter maxi berkonsep Adventure Crossover dengan fitur keyless yang menyuguhkan kemudahan kepada pengendara. Skutik ini juga memiliki kontrol traksi sehingga stabilitasnya tetap terjaga.

“Kymco DT X360 memiliki LCD display berwarna yang dirancang khusus untuk memberikan kemudahan bagi pengendara. Selain itu dibekali fitur pengontrol traksi, rem cakram dan suspensi belakang twin shock absorbers,” kata Allen.

Kymco DT X360, skuter listrik berkonsep Adventure Crossover – dok.Kymco

Pesaing Honda PCX dan Yamaha NMAX
Selain menyodorkan dua skutik tersebut, pabrikan yang didirikan pada 5 Fenruari 1963 itu juga menyuguhkan skutik sport bermesin konvensional bernama Kymco KRV. Ini merupakan skutik sport kompak bermesin bensin OHC 175cc satu silinder, 4 valve, yang berpendingin cairan.

Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 16,4 hp pada putaran mesin 7.500 rpm dengan torsi 15,68 Nm di 6.000 rpm. Bobotnya 33,5 kilogram, dengan ketinggian jok 795 milimeter.

Dia memakai velg berukuran 13 inci yang dibalut ban berukuran 110/70 untuk depan dan 130/70 untuk belakang. Bagasinya yang berada di bawah jok berkapasitas besar, dan diklaim sanggup memuat helm full face.

Kymco KRV, skutik besutan Kymco dengan mesin berkubikasi 175 cc – dok.Kymco

Suspensi roda depan skutik ini bisa disetel sesuai dengan kebutuhan. Sementara suspensi belakang berupa lengan ayun independen yang serupa dengan yang digunakan Kymco AK550.

Untuk memudahkan pengguna Kymco memberinya fitur keyless, spidometer digital, peranti pengereman rem cakram di roda depan maupun beakang, ABS serta TCS. Lampu-lampunya telah menggunakan LED. Skutik ini bakal menjadi pesaing terkuat bagi Honda PCX dan Yamaha NMAX. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This