Rambah Asean, Royal Enfield Nampang di Thailand Motor Expo 2020
Royal Enfield Meteor 350 - dok.Istimewa

Rambah Asean, Royal Enfield Nampang di Thailand Motor Expo 2020

Bangkok, Motoris – Pabrikan motor asal India – yakni merek asal Inggris yang kini dimiliki Eicher Motors, India – Royal Enfield memanfaatkan hajatan Thailand International Motor Expo 2020 untuk unjuk diri. Di gelaran yang dilangsungkan di Impact Challenger Hall 3, Muang Thong Thani, 2 – 13 Desember secara hybrid (paduan gelaran offline dan online) itu Royal Enfield memperkenalkan motor cruiser terbaru, Meteor 350.

Seperti dilaporkan laman Nation Thailand dan Siam Auto News, Senin (1/12/2020), Head of Business Royal Enfield Asia-Pasifik Royal Enfield, Vimal Sumbly menyebut kehadiran Meteor 350 di pameran itu merupakan apresiasi Royal Enfield kepada konsumen di Thailand.

“Kami sangat senang memamerkan sepeda motor 350cc pertama dari Royal Enfield untuk pasar Thailand. Sepeda motor kami telah menerima respon yang sangat baik di Thailand sejak awal, dan Thailand merupakan pasar nomor satu kami di kawasan Asia-Pasifik,” papar dia.

Negeri Gajah Putih itu, lanjut Vimal, bukan sekadar pasar tetapi juga rumah yang ketiga bagi Royal Enfield setelah Inggris dan India. “Dan Meteor 350 merupakan salah satu model dari serangkaian model kami yang terbaru. Model ini dikembangkan dari kesuksesan besar model Royal Enfield 650 Twin yang kami luncurkan dua tahun lalu,” kata dia.

Booth Royal Enfield di hajatan Thailand Auto Expo 2020 yang digelar secara online mulai 2 – 13 Desember 2020 – dok.Nation Thailand

Menurut Vimal sampai saat ini di Thailand sudah ada 30 gerai – yakni 15 showroom dan 15 pusat ayanan resmi Royal Enfield – yang ramai dikunjungi penggemar motor bergaya retro itu. Bahkan, pabrikan yang berkantor pusat di Chennai, India, itu mematok target pada Maret 2021 nanti telah memiliki 36 gerai di Thailand.

Negara itu juga bakal menjadi titik pusat bagi Royal Enfield menyebarkan produk-produknya ke pasar di kawasan Asia Tenggara maupun Pasifik. Termasuk dengan hadirnya Meteor 350 yang disebut tak lama lagi juga menapak pasar di luar Thailand di kawasan regional Asia Tenggara.

Royal Enfield dibekali mesin 349cc satu silinder berpendingin udara yang diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 20,2 bhp dengan torsi 27 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Nama Meteor 350 yang disandangnya mewarisi nama Royal Enfield lain – yakni motor touring – yang diluncurkan pada akhir 1952.

Wanita pengendara Royal Enfield Meteor 350 – dok.The Financial Express

Motor yang disajikan dalam tiga varian – Fireball, Stellar dan Supernova – itu mulai dijual secara resmi di India pada 6 November lalu dengan mulai 1,76 lakh atau sekitar Rp 36 jutaan (kurs 1 lakh = Rp 20.535.000). Seperti dilaporkan kantor berita Press Trust of India, Jumat (6/11/2020), semua tipe tersebut dilengkapi dengan velg alloy dan ban tubeless sebagai standar.(Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This