Peta Pasar SUV High Selama 10 Bulan, Penjualan Fortuner Jauh di Atas Pajero

Peta Pasar SUV High Selama 10 Bulan, Penjualan Fortuner Jauh di Atas Pajero
Toyota New Fortuner - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini, penjualan SUV ladder frame atau SUV high ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 16.840 unit. Angka penjualan ritel sebanyak itu dibukukan oleh empat pemain yakni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, serta Isuzu MU-X.

Data yang dikompilasi Motoris dari sumber catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Kementerian Perindustrian RI menunjukkan, Toyota Fortuner masih menguasai pasar segmen tersebut. Dia bahkan jauh mengungguli Mitsubishi Sport, sedangkan Isuzu MU-X berada di posisi terbawah dengan jumlah penjualan yang terpaut sangat jauh dengan para pesaing.

Fakta data berbicara, di sepuluh bulan pertama itu Toyota Fortuner terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 9.059 unit. Rinciannya varian berpenggerak 4×2 sebanyak 8.811 unit, dan 4×4 sebanyak 248 unit.

Mitsubishi Pajero yang bertengger di urutan kedua, membukukan penjualan sebanyak 6.595 unit. Jumlah itu terdiri dari 6.125 unit varian 4×2 dan 470 unit varian berpenggerak 4×4.

Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate yang diluncurkan pada Juli 2020 – dok.MMKSI

Di urutan ketiga ada Nissan Terra. SUV yang dijajakan oleh PT Nissan Motor Indonesia itu laku dibeli konsumen sebanyak 1.052 unit di sepanjang Januari – Oktober, dengan rincian 1.008 unit varian 4×2 dan 44 unit varian berpenggerak 4×4.

Sedangkan Isuzu MU-X berada di posisi bontot. SUV high andalan Isuzu yang dijajakan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia ini terjual ke konsumen hanya 134 unit di periode tersebut. Jumlah itu berasal dari penjualan varian berpenggerak 4×2 sebanyak 95 unit, dan varian 4×4 sebanyak 39.

Namun, tak hanya di pasar ritel saja Toyota Fortuner berjaya. Di pasar distribusi atau penjualan ke diler pun, dia juga menjadi jawara. Selama rentang Januari hingga Oktober, Fortuner mencatatkan wholesales ( terdiri dari varian 4×2 dan 4×4) sebanyak 8.163 unit.

Isuzu MU-X – dok.Motoris

Bercokol di posisi kedua, Mitsubishi Pajero dengan penjualan sebanyak 7.099 unit. Disusul Nissan Terra dan Isuzu MU-X yang masing-masing membukukan penjualan sebanyak 800 unit, dan 107 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This