Isuzu MU-X Terbaru Hadir di Asean, Penjualan Versi Kini di RI Masih Kedodoran

Isuzu MU-X Terbaru Hadir di Asean, Penjualan Versi Kini di RI Masih Kedodoran
Isuzu MU-X versi paling anyar yang sudah melenggang di pasar Thailand dan Filipina - dok.Autoindustriya

Jakarta, Motoris – Isuzu Motor di Thailand telah resmi memasarkan versi terbaru SUV ladder frame Isuzu MU-X pada 9 November lalu. Generasi gres ini disajikan dalam dua pilihan mesin, yakni RZ4E-TC 1.9 liter dan mesin 4JJ3-TCX 3.0 liter.

Pernyataan resmi Isuzu Motor yang dilansir laman resmi pabrikan beberapa waktu lalu menyebut Isuzu MU-X versi paling gres itu dibanderol 1.109 baht atau sekitar Rp517 juta hingga 1.579 baht atau setara Rp737 juta. (kurs 1 baht = Rp 466,72). Mesin 1.9 liter diklaim mampu menyemburkan tenaga 150 PS dengan torsi 350 Nm, dan mesin 3.0 liter bertenaga 190 ps dan 450 Nm.

Selain ubahan pada tampilan eksterior, sederet fitur anyar disematkan di bagian kabin. Pada bagian itu, kini terdapat head unit 7 (atau pilihan 9 inci) yang terhubung dengan Android Auto dan Apple CarPlay sebagai standar.

Sementara AC dual zone yang digunakannya sekarang berteknologi digital. SUV ladder frame generasi baru Isuzu ini tak hanya dijajakan di Thailand, tetapi juga menembus pasar Filipina dan bahkan segera merangsek negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Isuzu MU-X versi terbaru diluncurkan di Thailand 9 November lalu – dok.Istimewa

Di Indonesia, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memberikan sinyal versi anyar ini juga bakal melaju ke pasar nusantara. Informasi itu diberikan oleh Marketing Communication PT IAMI, Annisa Moeloek, dalam webinar “Basic Truck Bersama Isuzu” yang digelar di Jakarta, Jumat (13/11/2020) lalu.

“Itu (masuknya Isuzu MU-X terbaru ke Indobesia) sedang dalam tahap proses, mudah-mudahan (bisa meluncur di Indonesia) pada tahun depan,” kata Anissa.

Penjualan kedodoran
Hanya, soal kinerja penjualan di Tanah Air, ternyata Isuzu MU-X versi yang ada sekarang masih kedodoran tertinggal para pesaing. Bahkan sejak pertama kali diluncurkan.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang tahun 2017 lalu total penjualan ke konsumen (ritel) hanya sebanyak 712 unit. Meski, di tahun 2018 3,5% menjadi 737 unit. Namun, belum menyentuh angka 1.000 unit.

Sedangkan sepanjang Januari hingga Oktober 2019, unit yang terjual ke konsumen cuma 250 unit. Tetapi jumlah itu masih lebih banyak ketimbang jumlah yang dibukukan pada periode sama tahun ini, yang sebanyak 134 unit ( yang terdiri dari 95 unit varian berpenggerak 4×2 dan 39 unit varian berpenggerak 4×4).

Isuzu MU-X, SUV Ladder Frame yang dijajakan oleh anak perusahaan PT Astra International yakni PT Isuzu Astra Motor Indonesia – dok.Motoris

Jumlah tersebut terpaut jauh dibanding para pesaing. Sebab, di periode sepuluh bulan pertama itu, Toyota Fortuner (terdiri dari varian 4×2 maupun 4×4) terjual sebanyak 9.059 unit, Pajero Sport 6.595 unit, dan Nissan Terra sebanyak 1.052 unit.

Bahkan, tak hanya dalam penjualan ritel saja, SUV andalan Isusu Indonesia tertinggal. Dalamp distribusi atau penjualan ke diler (wholesales) pun setali tiga uang. Fakta data berbicara, dari Januari hingga Oktober itu, wholesales-nya hanya 107 unit.

Tampilan belakang Isuzu MU-X I Series – dok.Motoris

Padahal, di saat yang sama Fortuner telah mengantongi angka wholesales 8.163 unit, Pajero Sport 7.099 unit, dan Nissan Terra 800 unit. Artinya, meski telah lebih dari lima tahun malang melintang di pasar Indonesia, namun Isuzu MU-X masih kedodoran menghadapi pesaing. (Don/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This